3 DOSEN UPNVY RAIH HKI

  • Jumat 18 Oktober 2019 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1896
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_3 hasil penelitian kreatifitas dosen dipatenkan UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY). 3 dosen UPN “Veteran” Yogyakarta  yang meraih paten yaitu Dr. Ir. M. Nurcholis, M.Agr, Dra Sri Kusujaniatun, M.Si, Dr. dan Ir. Rr. Rukmowati Brotojojo, M. Agr. Pemberian sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HKI) diberikan disela-sela acara Seminar Nasional Ke-5 dengan tema “Call Paper dan Pameran Hasil Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat Kemenristekdikti RI”, yang di selenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UPN “Veteran” Yogyakarta, di Hotel Grand Quality, Rabu 16/10/2019.

Kepala Pusat Hak Kekayaan Intelektual dan Publikasi UPN “Veteran” Yogyakarta Ir. Ari Wijayani, MP mengatakan bahwa Sentra HKI Wimayaristek UPN “Veteran” Yogyakarta sudah berdiri sejak tahun 2012 sampai sekarang. Selain itu Sentra HKI Wimayaristek UPN “Veteran” Yogyakarta juga sudah memfasilitasi banyak produk-produk Hak Kekayaan Intelektual seperti merek dagang bagi Usaha Micro Kecil dan Menengah (UMKM) sebanyak 2500 merek, Hak Cipta sekitar 200 dan disain industri sebanyak 25.

Kepala Pusat Hak Kekayaan Intelektual dan Publikasi menambahkan bahwa Sentra HKI WIMAYARISTEK UPNVY sudah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak luar antara lain dengan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual (DJKI), Asosiasi Sentra KI seluruh Indonesia dan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal.

“Bulan depan ada 3 hasil penelitian dosen lagi yang akan granted dr UPNVY. 3 peneliti yang masih dalam granded yaitu Dr. Susila Herlambang, Dr Purwanto dan ir. Heti Herastuti.

Sentra HKI Wimayaristek UPN “Veteran” Yogyakarta sampai saat ini msh  menjadi pengurus nasional mengenai Hak Kekayaan Intelektual. Penelitian tentang HKI terus menerus dilakukan, mulai akhir tahun 2019 akan mulai melakukan penelitian tentang produk unggulan daerah yang berpotensi untuk didaftarkan indikasi geografis nya. Daerah yg minta bantuan adalah Sumbawa Besar dengan produk kopi,” tegas Kepala Pusat Hak Kekayaan Intelektual dan Publikasi.

Dalam kesempatan yang sama Ir. Ari Wijayani, MP memaparkan data dosen UPN “Veteran” Yogyakarta peraih HKI tahun 2019 yang pertama yaitu Dr. Ir. Nurcholis, M.Agr, penerima hibah penelitian dengan skim Penelitian Unggulan Pergururuan Tinggi (PUPT) tahun 2016-2018, dengan judul “Optimlisasi Energi Baru Terbarukan Pada Lahan Limbah Tambang Berdasarkan Pengembangan Bioethanol Dari Sorgum Manis di Tambang Emas Sukoharjo Imogiri-Jawa Tengah”. Penelitian ini beranggotakan 4 anggota yaitu: Ikrar Adilla, Henri Krisnawan, Tri Wibawa dan Achmad Ridwan Rifai. Produk penelitian Dr. Ir. Nurcholis, M.Agr yang di patenkan  berjudul “Alat Pres batang Sorgum Horizontal dengan masa waktu proses paten dr pendaftan sampai granted selama 1 tahun 3 bulan.

Kedua, Dra. Sri Kusujaniatun, M.Si, penerima hibah penelitian dengan skim Penelitian Unggulan Pergururuan Tinggi (PUPT) tahun 2016-2017, dengan judul “Strategi Pengembangan Wilayah Wisata Akar Kayu Jati Pada Bekraf Lahan Kapur di Bojonegoro. Penelitian ini beranggotakan dengan Teguh Kismantoroadji. Produk penelitian Dra. Sri Kusujaniatun, M.Si yang di patenkan berjudul “Pisau untuk Pembentukan dan Penghalusan Kerajinan Akar Kayu Jati” dengan masa waktu proses paten selama 1 tahun 8 bulan.

Ketiga, Dr. Ir. Rr. Rukmowati Brotojojo, M.Agr, penerima hibah penelitian dengan skim Penelitian Unggulan Pergururuan Tinggi (PUPT) tahun 2016-2017, dengan judul “Peningkatan Performa Pupuk Organik Untuk Mengatasi Serangan Hama Dana meningkatkan Hasil Tanaman pada Pertanian Organik”. Penelitian ini beranggotakan dengan Dyah Arbiwati. Produk penelitian Dra. Sri Kusujaniatun, M.Si yang di patenkan berjudul “Proses Pembuatan Pupuk Organik Granul Berbasis Kompas” dengan masa waktu proses paten selama 1 tahun 7 bulan. Humas/dewi