Baru, UPNVY Buka Prodi Humas

  • Sabtu 13 Januari 2018 , 12:00
  • Oleh : Dewi
  • 1350
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN - Pada era modern dan kebebasan informasi, persaingan antar media menjadi semakin ketat. Informasi menjadi sangat beragam dan jumlahnya banyak. Pada kondisi ini peran humas dalam melakukan komunikasi yang efektif tidaklah mudah. Menyikapi hal ini, UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) membuka Program Studi Hubungan Masyarakat pada Tahun Akademik 2018/2019.

Pembukaan prodi baru ini berdasarakan Surat Keputusan Menristekdikti Nomor 387/ KPT/ I/ 2017 tentang Ijin Pembukaan Program Studi Hubungan Masyarakat Program Sarjana Pada Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta di Yogyakarta.

Dosen Ilmu Komunikasi, FISIP UPNVY, Siti Fathonah mengatakan menghadapi era digital, Prodi Humas berusaha mengikuti perkembangan permintaan user. Hal ini dapat dilihat dari mata kuliah pada kurikulum berbasis KKNI yang didukung dengan berbagai laboratorium yang dimiliki. Diantaranya Lab. Strategik Public Relations, Lab Multimedia, Lab Pers, Lab Fotografi, Lab Radio, Lab Audiovisual yang sudah sangat modern dan produktif.

Fathonah mengatakan UPNVY sudah menyiapkan SDM untuk mendukung prodi baru tersebut. Saat ini sudah ada 24 orang tenaga dosen tetap, dan dosen praktisi yang berasal dari perusahaan.

“Secara khusus, sesuai dengan rencana pengembangan UPN menjadi universitas energi, lulusan program studi Hubungan Masyarakat juga diarahkan untuk bisa menjadi praktisi Hubungan Masyarakat pada perusahaan minyak dan tambang,” jelas Fathonah saat ditemui di Kampus UPNVY Condong Catur, Jumat (13/1/2017).

Lulusan Prodi Humas ditargetkan memiliki keahlian teknis dan manajerial humas secara profesional yang dapat memenuhi permintaan institusi akan kebutuhan berkomunikasi dengan publik. Secara konseptual, konsentrasi prodi ini diarahkan pada trend perkembangan humas di Indonesia dan dunia.

“Kami yakin dengan banyaknya menyebarnya para alumni dari konsentrasi PR yang sudah terserap di berbagai instansi dan baik pemerintah maupun perusahaan BUMN dan Swasta akan memberi warna yang berbeda bagi alumni Prodi Humas UPN,” ujarnya. (wwj/humas)