Dorong Pemerataan Pendidikan, UPN Veteran Yogyakarta Jalin Kerja Sama dengan Yayasan Pendidikan Prima Swarga Bara Kaltim

  • Jumat 18 Oktober 2024 , 01:27
  • Oleh : Dewi
  • 91
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta
MoU UPN Veteran Yogyakarta dan Yayasan Pendidikan Prima Swarga Bara (YPPSB) Kaltim

YOGYAKARTA – Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta menjalin kerja sama dengan Yayasan Pendidikan Prima Swarga Bara (YPPSB) yang beralamat di Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur. Kerja sama ini merupakan bentuk komitmen UPN Veteran Yogyakarta untuk mendorong pemerataan pendidikan dengan membuka peluang bagi calon mahasiswa dari luar Pulau Jawa.

Kerja sama dua belah pihak ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) pada Jumat (18/10/2024) di Kampus 1 UPN Veteran Yogyakarta.

Wakil Rektor Bidang Bidang Kemahasiswaan, Kerja Sama, dan Perencanaan, Dr. Hendro Widjanarko, S.E., M.M., mengatakan, UPN Veteran Yogyakarta membuka peluang bagi calon mahasiswa dari seluruh Indonesia guna mengenyam pendidikan di Kampus Bela Negara. Hal ini merupakan bentuk dukungan UPN Veteran Yogyakarta mendukung pemerataan pendidikan di Indonesia yang merupakan pilar utama pembangunan masa depan bangsa.

"Semoga kerja sama ini bisa memberikan manfaat bagi masing-masing pihak baik bagi UPN Veteran Yogyakarta maupun bagi SMA Prima Swarga Bara,” ujar Wakil Rektor.

Dalam kesempatan yang sama, Arif Rusmin selaku Ketua Yayasan Pendidikan Prima Swarga Bara berharap, kerja sama kedua belah pihak membuka peluang lebar bagi alumni SMA  Prima Swarga Bara agar dapat meneruskan jenjang kuliah di UPN Veteran Yogyakarta.

“Kami harap dengan kerja sama dapat membuka jalan bagi anak-anak kami dari SMA  Prima Swarga Bara agar punya kesempatan untuk kuliah di UPN Veteran Yogyakarta,” tutur Arif.

Ruang lingkup kerja sama ini meliputi bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, pemberian beasiswa, dan lain-lain yang disepakati kedua belah pihak. Kesepakatan bersama ini, juga diharapkan mendukung pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi di UPN Veteran Yogyakarta.

Sebagai tambahan informasi, Yayasan Pendidikan Prima Swarga Bara merupakan yayasan pendidikan di bawah PT. Kaltim Prima Coal (KPC), sebagai bentuk layanan

pendidikan yang berkualitas dan memadai bagi karyawan KPC dan warga sekitar.

Yayasan yang berdiri sejak 1991 ini, telah memiliki jenjang pendidikan dari jenjang TK sampai SMA dengan total siswa mencapai 2.600 anak.