Ini Penjelasan Pakar Soal Munculnya Lubang Misterius di Gunungkidul

  • Kamis 08 Februari 2018 , 12:00
  • Oleh : Dewi
  • 1633
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN - Munculnya beberapa lubang di ladang Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) membuat warga khawatir. Seperti apa penjelasan geolog soal fenomena ini?

"Wajar kondisi itu terjadi di daerah karst, di bawah tanah kemungkinan ada gua atau rongga, dan di atasnya ada rekahan. Rekahan itu menjadi pintu masuk air dan terjadi pelapukan kimiawi batu gamping. Lalu tanahnya ambles, atau berlubang, ini butuh proses yang lama bisa puluhan hingga ratusan tahun," kata Dosen Teknik Geologi Universitas Pembangunan Nasional (UPN) "Veteran" Yogyakarta, Arif Rianto Budi Nugroho, saat dihubungi detikcom, Rabu (7/2/2018).

Dilanjutkannya, amblesnya tanah juga dipicu beban berat di atas permukaan tanah, terutama saat musim penghujan. Karena pelapukan batu gamping butuh bantuan air. 
 

"Di Gunungkidul kan banyak juga gua bawah tanah, sungai bawah tanah, jika terjadi pelarutan air masuk lewat rekahan, lalu beban berat di atasnya, mudah ambles. Itu ciri khas kawasan karst," ujarnya.

Arif menjelaskan fenomena ini tak hanya akan terjadi di Gunungkidul. Namun bisa terjadi di kawasan perbukitan karst lainnya. 

"Kalau di luar negeri, namanya 'sinkhole', pernah ada kasus ladang tiba-tiba juga ambles berlubang, jalan raya tiba-tiba ambles, itu karena di bawahnya ada semacam gua, atau rongga yang cukup lebar dan karena beban berat di atasnya jadi ambles," jelasnya. 

Khusus kejadian di Gunungkidul, Arif berharap masyarakat setempat atau petani lebih berhati-hati. Karena bukan tidak mungkin lubang akan meluas menyesuaikan kondisi rongga di bawahnya. Terlebih di waktu musim penghujan.

"Sebetulnya bisa dipetakan, tapi butuh alat dan tim ahli. Pemerintah setempat bisa berkomunikasi dengan pemerintah pusat minta bantuan penelitian di lapangan, bisa juga gandeng akademisi atau lembaga lain yang fokus pada wilayah karst," imbuhnya. 
(sip/sip)

Sumber :

https://news.detik.com/jawatengah/3854776/ini-penjelasan-pakar-soal-munculnya-lubang-misterius-di-gunungkidul