Jelang KKN, Ribuan Mahasiswa UPNVY Ikuti Bakti Kampus

  • Jumat 21 Juni 2019 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1555
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN – Sebanyak 2189 mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) mengikuti bakti kampus, Jumat (21/6). Mahasiswa yang merupakan peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Semester Antara TA 2018/2019 ini melaksanakan bakti kampus di lingkungkan UPNVY.

Berbagai kegiatan dilakukan oleh mahasiswa diantaranya kerja bakti membersihkan lingkungan, melakukan penghijauan, menghias kampus dengan bahan daur ulang dan lainnya.

“Kami melakukan penanaman pohon berupa tabulampot. Potnya berasal dari daur ulang tong bekas. Tanaman ini akan kami letakkan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis.” Ujar Idham Ma’rif, mahasiswa Program Studi Manajemen yang merupakan salah satu peserta KKN.

Kegiatan bakti kampus ini kata Idham merupakan salah satu syarat sebelum ia dan kelompoknya melakukan KKN di Kecamatan Bambanglipuro, Bantul.

Di lokasi KKN, kelompoknya akan melakukan berbagai program diantaranya pemetaan wilayah, produksi rambu penunjuk arah, revitalisasi lapangan volly dan kegiatan pengabdian di salah satu Panti Asuhan yang ada di desa setempat.

“Berbagai program ini merupakan hasil diskusi dengan Kepala Dusun, namun kami juga akan mengkreasikan program lainnya.” katanya

Kepala Pusat Studi KKN dan TTG , Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UPNVY, Hendri Gusaptono menuturkan kegiatan bakti kampus kali ini mengangkat tema “Cantikkan Kampus Dengan Bahan Daur Ulang”.

“Kegiatan bakti kampus ini sebagai wujud empati dan kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan kampus sebelum mereka terjun ke lingkungan masyarakat.” Kata Hendri.

Selain itu kegiatan bakti kampus ini juga bertujuan untuk meningkatkan kepekaan sosial serta menyiapkan mahasiswa sebagai calon – calon pemimpin bangsa.

Pada KKN semester antara angkatan 69 ini sebanyak 1150 mahasiswa melakukan pengabdian di Kabupaten Kulon Progo, 550 mahasiswa di Kabupaten Bantul, dan 449 mahasiswa ke Kabupaten Gunung Kidul.

Mereka akan melakukan pengabdian dan terjun ke masyarakat selama satu bulan mulai tanggal 17 Juli – 17 Agustus 2019. (wwj/humas)