Kado Dies Natalis ke-61, UPNVY Raih Peringkat 38 UI GreenMetric 2019

  • Rabu 04 Desember 2019 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1880
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN – Menjelang usia ke-61 tahun pada tanggal 15 Desember 2019, UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) semakin menunjukkan komitmennya dalam mewujudkan kampus peduli lingkungan. Komitmen ini salah satunya dibuktikan dengan perolehan peringkat ke-38 Kampus Terhijau di Indonesia tahun 2019 berdasarkan UI GreenMetric World University Rankings 2019. Di urutan dunia, UPNVY menempati peringkat 545.

Peringkat ini diumumkan oleh UI Green Metric di Gedung Balai Sidang, Kampus UI Depok, Jawa Barat, Selasa (3/12/2019). Pengumuman pemeringkatan juga disiarkan secara langsung secara streaming yang disaksikan perguruan tinggi di luar Indonesia.

“Ini merupakan wujud komitmen kami sebagai kampus hijau lestari. Tidak hanya jargon-jargon saja namun mengimplementasikannya.” Kata Marcus Kusnardijanto, Kasubbag Kerjasama dan Humas.

Komitmen UPNVY sebagai kampus hijau lestari (Sustainable Green Campus) sudah tertuang dalam Keputusan Rektor No. 11 tahun 2017. Surat keputusan tersebut kemudian diimplementasikan dengan berbagai aktivitas dan kegiatan, salah satunya dengan pengurangan sampah plastik.

“Di beberapa program studi sudah memulai mengganti kardus snack dengan luch box, air mineral kemasan dengan dengan tumbler pada setiap kegiatan, baik rapat maupun saat kuliah lapangan. Semoga segera menular ke prodi lainnya.” Ujarnya.

Sebelumnya komitmen pengurangan sampah plastik juga sudah digaungkan pada Pekan Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara (PKKBN) yang berlangsung  tanggal 12 - 17 Agustus 2019 lalu. Pada acara orientasi tersebut sebanyak 3000 mahasiswa baru dan 500 orang panitia diwajibkan membawa tumbler.

“Panitia menyiapkan air minum isi ulang untuk mahasiswa dan panitia. Ini merupakan komitmen kami bersama.” Kata M.Irhas Effendi, Rektor UPNVY.

Tahun ini, kata Irhas merupakan kali pertama bagi UPNVY mewajibkan mahasiswa baru membawa tumbler sebagai wujud komitmen pengurangan sampah plastik.

Hasilnya menurut Irhas, sampah plastik terutama kemasan air mineral dapat berkurang. Ia berharap komitmen ini tetap terus dijalankan oleh sivitas akademika.

UI GreenMetric merupakan salah satu program dari Universitas Indonesia yang menilai universitas di Indonesia dan dunia berdasarkan komitmen dan tindakan terhadap penghijauan dan keberlanjutan lingkungan.

Tahun ini peserta UI GreenMetric mencapai 780 universitas dari 85 negara di dunia. Jumlah ini bertambah dari 719 perguruan tinggi dari 81 negara di tahun 2018. (wwj/humas)