Mahasiswa Akuntansi UPNVY Raih Prestasi di Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional

  • Rabu 17 Juli 2024 , 02:59
  • Oleh : Dewi
  • 2462
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

INFOUPNYK – Mahasiswa jurusan Akuntansi UPN “Veteran” Yogyakarta berhasil meraih juara 2 dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional "Chemical Engineering Papers Competition" yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Riau (04/07/2024). Tim yang terdiri dari Muhammad Ilham Jalaluddin (Akuntansi 2021), Murtanti (Akuntansi 2021), dan Gibran Hadri Ramadan (Akuntansi 2022) ini menunjukkan prestasi gemilang di antara peserta dari berbagai universitas di Indonesia.

Prestasi ini tak lepas dari proses persiapan yang matang. Persiapan tim dimulai dengan brainstorming untuk menentukan judul yang sesuai dengan tema kompetisi. Setelah itu, mereka mengirimkan abstrak dan berhasil lolos ke tahap full paper. "Kami menghabiskan banyak waktu untuk menyelesaikan paper tersebut, dan akhirnya berhasil lolos ke tahap grand final presentasi," ujar Gibran.

Salah satu tantangan terbesar yang mereka hadapi adalah waktu kompetisi yang bertepatan dengan UAS. Mereka harus menyesuaikan jadwal belajar dan waktu untuk mengerjakan paper. Solusinya, berdiskusi untuk menentukan jadwal dan pembagian tugas, sehingga saat kumpul tim bisa lebih efektif.

"Kami bertemu dengan peserta dari berbagai universitas di Indonesia. Apalagi lomba ini diadakan oleh mahasiswa teknik, dari 10 tim finalis, 9 tim berasal dari fakultas teknik, hanya tim kami dari fakultas ekonomi. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi kami," kata Gibran.

Tim ini juga memberikan saran kepada mahasiswa lain yang ingin mengikuti jejak mereka agar memanfaatkan waktu dan kesempatan yang ada untuk mencoba. Jangan pernah takut untuk mencoba hal baru dan jangan takut gagal.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing, Dekan FEB Pak Januar Eko, yang telah membantu kami dalam berbagai hal. Terima kasih juga kepada pihak kemahasiswaan UPNVY yang membantu pendanaan selama perlombaan, serta doa dan dukungan dari orang tua dan teman-teman sejawat," tutup Gibran.

Prestasi ini membuktikan bahwa mahasiswa UPN “Veteran: Yogyakarta mampu bersaing dan berprestasi di tingkat nasional, membanggakan almamater serta memberikan inspirasi bagi mahasiswa lainnya.

listi©