Mahasiswa UPN "Veteran" Yogyakarta Borong Medali di Ajang Neira Competition 2024

  • Kamis 30 Mei 2024 , 11:33
  • Oleh : Dewi
  • 3683
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

INFOUPNYK  — Dua tim dari Universitas Pembangunan Nasional (UPN) "Veteran" Yogyakarta berhasil meraih sejumlah penghargaan bergengsi di Neira Competition 2024, Maluku, 25-26 Mei 2024. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Sentosa Foundation bersama Universitas Banda Neira, serta diikuti oleh berbagai universitas ternama dari seluruh Indonesia.

Tim pertama terdiri dari Muhammad Hilmy Raihan Azhari (Agribisnis/20), Romandon Wahyu Prastiyo (Agroteknologi/20), Syafira Widiyanti (Informatika/20), dan Destiya Nurul Izzah (Teknik Kimia/20) berhasil membrong berbagai prestai dalam Neira Competition. Selain mendapat Juara umum 2, mereka juga membawa pulang Medali Emas di Bidang Pertanian, Medali Perunggu di Bidang Lingkungan, serta penghargaan Best Video dan Best Presentation.

Sementara itu, tim kedua yang terdiri dari Puspita Diana Sari (Akuntansi/22), Dian Rinanti Nur Hapsari (Akuntansi/22), dan Diah Pratiwi (Akuntansi/22) juga menunjukkan prestasi yang tak kalah membanggakan dengan meraih Medali Perak di Bidang Hukum, Sosial, dan Ekonomi.

Sebelum mengikuti kompetisi ini, kedua tim melakukan persiapan yang intensif. Dimulai dengan diskusi  identifikasi permasalahan dan ide yang ingin diangkat dalam lomba. Setelah memiliki ide yang matang, mereka membuat paper yang menjelaskan masaleh yang diangkat serta bagaimana mereka mengatasinya secara mendetail. Pelatihan intensif juga dilakukan saat persiapan presentasi di babak final, di mana setiap anggota tim memberikan masukan konstruktif satu sama lain.

Perbedaan pendapat di antara anggota tim menjadi salah satu tantangan dalam menyatukan kreatifitas dari berbagai orang dan kadang memicu perdebatan, namun masing masing tim mampu menyelesaikan perbedaan internal mereka dengan saling memahami dan mencari solusi terbaik. Persiapan mental dan fisik juga menjadi prioritas, mengingat kompetisi diadakan di lokasi yang jauh, yang memerlukan stamina dan kesehatan optimal.

Muhammad Hilmy Raihan Azhari, perwakilan dari tim 1 membagikan cerita nya selama kompetisi berlangsung, "Perjalanan ke Banda Neira merupakan salah satu perjalanan paling menantang yang pernah saya alami. Kami menggunakan berbagai jenis transportasi mulai dari bis, pesawat, kapal, hingga kereta. Perbedaan alam, bahasa, dan makanan memberikan pengalaman unik yang benar-benar mengajarkan banyak hal."

"Bertemu dengan delegasi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan berbagi cerita serta pengalaman dengan mereka adalah hal yang sangat berharga. Bertemu orang-orang hebat dengan tujuan yang sama di satu tempat adalah pengalaman yang tak ternilai." Tambah Puspita Diana Sari, perwakilan dari tim 2

Kedua tim juga memberikan pesan  kepada mahasiswa lain yang ingin mengikuti jejak mereka, agar berani mengambil tantangan dan mengikuti kompetisi di luar pulau untuk melihat keindahan Indonesia dan memperkaya pengalaman. Puspita menyampaikan "Jangan takut mencoba dan selalu eksplorasi serta tingkatkan pengetahuan selama kuliah dengan mencoba banyak hal, karena UPN "Veteran" Yogyakarta akan selalu mendukung perlombaan yang meningkatkan pencapaian mahasiswa.”

 “Muda berkelana, Tua bercerita." Pungkas Puspita.

Kedua tim juga menyampaikan terima kasih kepada UPN "Veteran" Yogyakarta yang telah memberikan fasilitas dan dukungan yang memadai untuk berprestasi.   "Terima kasih untuk UPN yang selalu mensupport mahasiswanya untuk selalu berprestasi. Terima kasih juga kepada teman teman anggota tim yang sudah berjuang dalam  perlombaan," ungkap Hilmy  mewakili teman temannya dengan penuh rasa syukur.

Prestasi yang diraih oleh kedua tim UPN "Veteran" Yogyakarta di Neira Competition 2024 ini tidak hanya membanggakan universitas, tetapi juga menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi dan berinovasi di berbagai bidang. Dengan harapan keberhasilan ini memotivasi seluruh civitas akademika UPN untuk mencapai lebih banyak prestasi di masa depan.