REKTOR UPN VETERAN YOGYAKARTA DORONG UMKM GO DIGITAL, MELALUI PROGRAM KKN DI WILAYAH GUNUNG KIDUL

  • Selasa 23 Juli 2024 , 02:53
  • Oleh : Dewi
  • 1559
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

INFOUPNYK_Dorongan bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk terus meningkatkan daya saing semakin marak dilakukan. Rencananya 30 juta UMKM Indonesia sudah harus terhubung ke ekosistem digital tahun 2024. Guna mendukung atau mendorong target tersebut, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNYK) melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat UKM dan UMKM”, di wilayah Kapanewon Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul. Pelaksanaan KKN periode 81 mulai tgl 25 Juni-25 Juli 2024.

Rektor UPNYK Prof. Dr. Mohamad Irhas Effendi, M.Si menyampaikan  beberapa kendala bagi UMKM adalah pemasaran. Banyak masyarakat yang bisa menghasilkan produk-produk dengan kualitas bagus, namun kendalanya ada di pemasaran, Melihat masalah ini, mahasiswa KKN yang sudah dibekali ilmu oleh UPNYK sebelum terjun KKN, diharapkan dapat membantu pemilik usaha mempromosikan melalui market place online, khususnya di wilayah Kapanewon Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul.

Rektor berharap dengan adanya kemitraan yang kuat, program ini dapat memberikan dampak yang lebih besar dan berkelanjutan dalam upaya mendukung meningkatkan perekonomian lokal.. “Semoga semakin banyak UMKM yang bisa Go Digital dan sukses di dunia bisnis secara online dari pendampingan mahasiswa UPNYK yang melakukan KKN di Gunung Kidul,” terang Rektor.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung program KKN dan semoga kegiatan KKN di wilayah ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam mendorong UMKM Go Digital. Mari kita terus menjaga semangat kolaborasi agar bisa memberikan manfaat yang besar bagi UMKM dan pertumbuhan ekonomi lokal kita,” terang Rektor.

Dr. Eni Muryani, S.Si., M.Sc selaku  Kepala Pusat KKN dan TTG LPPM UPNYK menyampaikan dalam program KKN ini, para mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta terlibat langsung dalam membantu UMKM di wilayah Gunung Kidul untuk bertransformasi digital. Mereka memberikan pemahaman dan pelatihan kepada UMKM tentang penggunaan teknologi, pemasaran online, branding, logo, pemasaran online dan manajemen bisnis yang modern.

Di samping itu, para mahasiswa juga membantu UMKM dalam membangun kehadiran online mereka, seperti pembuatan website atau halaman media sosial. Tujuannya adalah agar UMKM dapat menjangkau pelanggan lebih luas dan meningkatkan penjualan produk mereka.

“Terima kasih atas dukungan dan kerjasama semua pihak, diharapkan UMKM dapat mengalami peningkatan signifikan dalam hal adaptasi teknologi digital dan pertumbuhan usaha,” terang  Kepala Pusat KKN dan TTG LPPM UPNYK 2024 – 2028.

UPNYK menerjunkan sebanyak 410 mahasiswa yang terbagi dalam 41 kelompok di Gunung Kidul.