Sambut Pelantikan Presiden, Warga Yogya Gelar Parade Merah Putih

  • Selasa 22 Oktober 2019 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1301
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Yogyakarta - Menyambut pelantikan presiden dan wakil presiden, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin, Minggu (20/10/2019), warga Yogyakarta menggelar Parade Merah Putih di sepanjang Jalan Malioboro. Dengan pawai ini, peserta berharap Jokowi-Ma'ruf Amin dapat memakmurkan Indonesia.

Pantauan detikcom, ratusan peserta mengenakan kostum beraneka warna berkumpul di kantor DPRD DIY. Mereka kemudian menyusuri Jalan Malioboro. Tampak pada barisan depan mahasiswa UPN 'Veteran' Yogyakarta berjalan membentangkan spanduk bertuliskan 'Parade Merah Putih Menyambut Pelantikan Presiden&Wapres RI, Joko Widodo&KH. Ma'ruf Amin'.

Selanjutnya, rombongan abdi dalem Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat ikut dalam parade tersebut. Tak hanya itu, juga ada dua gerobak sapi yang masing-masing membawa foto Jokowi dan Ma'ruf Amin.

Tak ketinggalan tiga buah gunungan yang terdiri dari gunungan bakpia, gunungan salak dan gunungan geplak diarak para peserta dalam parade tersebut. Pemandangan menarik di barisan belakang, di mana para peserta membentangkan bendera merah putih sepanjang 74 meter.

"Jadi pada hari ini masyarakat Yogyakarta menggelar selebrasi budaya bertajuk parade merah putih dari Yogyakarta untuk Indonesia," ujar koordinator Parade Merah Putih, Widihasto Wasana Putra, saat ditemui di kantor DPRD DIY, Sabtu (19/10/2019).

"Selebrasi budaya ini merupakan wujud syukur, sekaligus harapan dari masyarakat Yogyakarta bahwa Indonesia besok memiliki presiden dan wakil presiden baru, yang terpilih dari hasil pemilu yang demokratis dan konstitusional," sambungnya.

Sumber :

https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-4752395/sambut-pelantikan-presiden-warga-yogya-gelar-parade-merah-putih