Teknik Pertambangan dan Manajemen Terfavorit

  • Minggu 21 Juli 2019 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1402
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN – Seleksi Mandiri UPN “Veteran” Yogyakarta untuk jenjang Sarjana kembali digelar hari ini, Minggu (21/7). Ujian yang berlangsung pukul 07.30 dan berakhir pada 12.00 WIB ini dikuti sebanyak 9.747 peserta. Mereka bersaing untuk memperebutkan 953 daya tampung yang tersebar di 21 program studi. Dari jumlah tersebut sebanyak 1.587 merupakan peserta program Bidikmisi.

Wakil Rektor Bidang Akademik UPNVY, Dr. Suharsono mengatakan pada bidang saintek Teknik Pertambangan menjadi program studi (prodi) yang paling banyak diminati (favorit) pendaftar, yaitu 1.097 orang. Pada seleksi mandiri tahun ini prodi tersebut menyediakan 54 daya tampung.

“Favorit berikutnya untuk pilihan 1 dan 2  yaitu Teknik Informatika kemudian Agroteknologi dan Teknik Geologi.” Katanya usai mandampingi Rektor meninjau pelaksanaan ujian.

Sedangkan untuk bidang sosial humaniora (soshum) prodi dengan peminat terbanyak yaitu Manajemen sebanyak 1744 pendaftar, dengan daya tampung 96 mahasiswa. Berikutnya yaitu Ilmu Komunikasi dan Akutansi.

Suharsono menjelaskan Teknik Pertambangan dan Manajemen selalu menjadi favorit di hampir semua jalur seleksi baik SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri. Hal tersebut karena akreditasi di kedua prodi tersebut sudah A.

“Selain itu pertimbangan lainnya mungkin jumlah lapangan kerja juga banyak.” Ujarnya.

Dalam upaya pemerataan kesempatan belajar di UPNVY, ujian seleksi mandiri dilaksanakan secara serentak di beberapa kota di Indonesia. Yaitu Jakarta, Yogyakarta, Purwokerto, Banjarmasin, Balikpapan, Bontang dan Pekanbaru. (wwj/humas)