UPN Veteran Yogyakarta Ingin Kenalkan Poros Maritim Dunia pada Mahasiswa

  • Jumat 09 Februari 2018 , 12:00
  • Oleh : Dewi
  • 1452
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

TRIBUNJOGJA.COM - Universitas Pembangunan Nasional (UPN) "Veteran" Yogyakarta ingin mengenalkan lebih lanjut kebijakan pemerintah tentang Poros Maritim Dunia khususnya pada mahasiswa baru.

Hal itulah yang membuat pihaknya menggelar kuliah umum yang disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, Jumat (9/2/2018).

Gelar kuliah umum tersebut dilaksanakan di Auditorium UPN Veteran Yogyakarta dan dimulai sekitar pukul 10.00 WIB.

Tema kuliah umum ini yaitu Pengembangan Industri dan Jasa Maritim Indonesia Untuk Mewujudkan Visi Poros Maritim Dunia.

Ludiro Madu, Koordinator Acara mengatakan, tujuan dari acara ini yaitu diharapkan ada ide-ide baru serta visi di tingkat lokal, sehingga visi poros maritim dunia dapat sampai ke para mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta, khususnya angkatan 2016 dan 2017.

"Hal ini sifatnya urgen, karena selama ini melihat maritim hanya sekedar laut, tetapi kita ingin menyadarkan bahwa maritim ada sektor ada industri dan jasa yang perlu kita perhatikan," kata Ludiro kepada tribunjogja.com saat diwawancarai di lokasi acara.

Kuliah umum ini bukan milik satu disiplin ilmu saja, tetapi semua disiplin ilmu saling terhubung satu sama lain.

Kemudian, ditambahkan Ludiro, kuliah ini merupakan tindak lanjut kerjasama antara Pusat Studi Pertahanan dan Keamanan (Pushankam) UPN Veteran Yogyakarta dengan Kemenko Kemaritiman Deputi II, koordinasi bidang sunber daya alam dan jasa.

Kerjasama tersebut diwujudkan dalam bentuk penyelenggaraan seminar kemaritiman yang telah berlangsung pada tahun 2016 dan 2017.

"Dua seminar tersebut menelurkan terbentuknya komunitas studi kemaritiman yang berjumlah 40 akademisi dan praktisi dari seluruh Indonesia," kata Ludiro.

Ditambahkannya, komunitas studi kemaritiman tersebut saat telah menghasilkan empat buah buku. Satu buku pada tahun 2016, dan tiga buku dihasilkan pada tahun 2017.

Keempat buku tersebut terbagi menjadi tiga pokok pembahasan yakni industri dan jasa maritim, pariwisata maritim, dan keamanan maritim.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Tribun Jogja, sejak pukul 09.00 WIB tampak para peserta kuliah umum yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan tamu undangan sudah hadir di lokasi acara.

Menurut Ludiro, diperkirakan peserta kuliah umum akan mencapai sekitar 2000 peserta.

Pada kuliah umum ini, UPN Veteran Yogyakarta mewajibkan mahasiswa angkatan 2016 dan 2017 untuk hadir menjadi peserta kuliah umum. (tribunjogja)