UPNVY SIAPKAN 7.650 KUOTA , UNTUK PESERTA UTBK 2020

  • Jumat 12 Juni 2020 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1609
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman - UPN “Veteran” Yogyakarta menyiapkan 13 ruang, 255 komputer untuk 7.650 peserta Ujian Tes Berbasis Komputer  (UTBK) 2020 di masa pandemi  Covid – 19. Pelaksanaan ujian UTBK akan digelar tanggal 5 – 12 Juli 2020. Lokasi ujian yang akan digunakan untuk pelaksanaan UTBK di UPN “Veteran” Yogyakarta  ada 2 yaitu Kampus Babarsari tepatnya di Fakultas Teknik Induistri, Gedung Pattimura dan Kampus Condongcatur tepatnya di Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Dr. Suharsono, MT selaku Wakil Rektor Bidang Akademik mengatakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) merupakan persyaratan wajib untuk memasuki berbagai PTN yang berada di seluruh Indonesia melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Pandemi dan kondisi darurat Covid-19 membuat jadwal UTBK berubah yang semula 20 – 26 April 2020 menjadi 5-12 Juli 2020, dengan pendaftaran sudah dimulai sejak 2 – 20 Juni 2020.

 " Nantinya pelaksanaan UTBK akan dilaksanakan satu hari 4 sesi, kecuali pada hari Jumat hanya akan diadakan 2 sesi (ujian), total 30 sesi ujian. Selain itu pelaksanaan  UTBK di UPN  “Veteran” Yogyakarta selalu dan tetap berkoordinasi dengan LTMPT pusat, karena dengan kondisi pandemi ini kepastian pelaksanaan UTBK masih perlu koordinasi antara Gugus Tugas Pusat dengan Kemdikbud. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga kondisi kesehatan baik peserta ujian, panitia dan masyarakat secara umum,”tambah Wakil Rektor Bidang Akademik.

Wakil Rektor Bidang Akademik menambahkan, untuk melaksanakan penyelenggaraan  ujian, nantinya peserta wajib mengikuti protokol Covid-19 yang ditetapkan dalam “Dokumen Protokol Pelaksanaan Tugas Panitia Pusat UTBK PTN dalam Kondisi Pandemi Covid-19”. 

Dr. Hendro Wijanarko, MS selaku ketua penerimaan mahasiswa baru mengatakan bahwa UPN “Veteran” Yogyakarta  sudah siap melaksanakan UTBK, dari sisi sarana maupun prasarana, dengan menyesuaikan protokol kesehatan. Seluruh tim sudah diinstruksikan untuk mempersiapkan pelaksanaan UTBK sesuai aturan baru yang berlaku.” Berdasarkan pantauan, telah terpasang wastafel dan alat cuci tangan serta hand sanitizer di berbagai gedung UPN “”Veteran”” Yogyakarta. Berbagai sarana ujian seperti komputer dan ruangan mulai dipersiapkan sesuai standar yang ditentukan LTMPT.

Hendro menambahkan peserta UTBK wajib menggunakan masker, dan menggunakan sarung tangan (jika diperlukan) serta dipastikan dalam kondisi sehat dan melalui prosedur protokol kesehatan serta pemeriksaan Covid-19 yang dilakukan oleh panitia sebelum masuk ruang ujian. Selain itu pelaksanaan UTBK terdapat perubahan pada pengaturan ruangan karena jarak antar peserta yang dibatasi. Ruang ujian kapasitasnya dikurangi setengahnya sehingga ruangan yang sebelumnya 20 peserta menjadi 10 orang per ruang ujian,” tambah Hendro.

UPNVY yang tengah mempersiapkan pelaksanaan UTBK dari sisi sarana dan prasarana, juga telah mengagendakan sosialisasi protokol kesehatan kepada para seluruh pengawas UTBK yang melibatkan unsur dosen dan tenaga kependidikan. “Bukan hanya peserta, dan pengawas ataupun panitia, kita juga mensosialisasikan protokol kesehatan Covid-19 kepada Petugas Keamanan dan Pegawai di lingkungan kampus agar pada penyelenggaraannya semua mematuhi standar yang ditentukan pusat (LTMPT),” ucapnya.

Mengenai kesiapan sarana IT, Koordinator TIK UTBK UPNVY, Fajar Kurnia, S.Kom, menyampaikan, “Kita terus berkoordinasi dengan LTMPT untuk memastikan kesiapan tata kelola IT dan sistem UTBK agar berjalan dengan baik. Secara umum, dari sisi IT tidak mengalami banyak perubahan karena pandemi. Humas/Dewi