VISI dan MISI Prodi Agribisnis:
VISI
Menjadi Program Studi Unggulan di Bidang Agribisnis Skala Kecil dan Menengah yang Berwawasan Global Berbasis Pertanian Berkelanjutan dan Bela Negara pada Tahun 2027
MISI
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dibidang agribisnis dengan menerapkan IPTEKS dan membentuk jiwa kewirausahaan yang berbasis Pertanian Berkelanjutan.
2. Melaksanakan penelitian dengan meningkatkan jejaring kerjasama pada berbagai institusi dalam negeri dan luar negeri.
3. Melakukan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka pemberdayaan dan pengembangan masyarakat sebagai wujud tanggung jawab sosial.
TUJUAN
1. Menghasilkan lulusan yang mampu menguasai dan menerapkan IPTEKS serta memiliki jiwa kewirausahaan dibidang agribisnis yang berbasis Pertanian Berkelanjutan.
2. Meningkatkan kuantitas dan kualitas lulusan melalui optimalisasi proses belajar mengajar dengan didukung oleh sarana dan prasarana yang memenuhi standar ISO: 9001- 2008.dan ISO 9001-2015
3. Menghasilkan penelitian dan karya ilmiah yang dipublikasikan baik bertaraf nasional maupun internasional.
4. Meningkatkan kerjasama di bidang penelitian dengan berbagai institusi dalam negeri dan luar negeri.
5. Menghasilkan karya inovatif dan kreatif yang dapat diaplikasikan untuk memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Memiliki tenaga Dosen yang berkualifikasi Doktor (50%). Laboratorium Komunikasi yang lengkap dan sarana perkuliahan.
Tujuan:
1. Menghasilkan lulusan yang mampu menguasai dan menerapkan IPTEKS serta memiliki jiwa kewirausahaan di bidang Agribisnis yang berbasis pertanian berkelanjutan.
2. Meningkatkan kuantitas dan kualitas lulusan melalui optimalisasi proses belajar mengajar dengan didukung oleh sarana dan prasarana yang memenuhi standar ISO: 9001- 2008 dan standar ISO: 9001- 2015.
3. Menghasilkan penelitian dan karya ilmiah yang dipublikasikan baik bertaraf nasional maupun internasional.
4. Meningkatkan kerjasama di bidang penelitian dengan berbagai institusi dalam negeri dan luar negeri.
5. Menghasilkan karya inovatif dan kreatif yang dapat diaplikasikan untuk memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Sosiopreneur, pendidik/dosen/peneliti, fasilitator (pemberdaya), pengusaha, Konsulta Agribisnis, Analisis Kebijakan, analisis bisnis, perencana wilayah, pengelola kelembagaan agribisnis, Komunikator Agribisnis.
a. Kompetensi Utama: SOSIOPRENEUR
1. Mampu berinovasi terhadap produknya
2. Mampu memecahkan masalah-masalah kemasyarakatan untuk memperbaiki taraf hidup masyarakat
3. memiliki daya transformatif. PENDIDIK/ DOSEN/PENELITI
1. Mampu untuk selalu belajar dan dapat bekerja secara tim
2. Mampu berpikir dan bertindak Objektif 3. Mampu bekerja secara Efisien KONSULTAN AGRIBISNIS
1. Mudah Beradaptasi dalam berbagai keadaan, situasi, budaya kerja, dan pekerjaan. Dengan work hard, work smart.
2. Suka Belajar, Percaya diri, dan Pantang menyerah melangkah ke depan yang lebih baik.
3. mampu menyelesaikan masalah dengan skills dan pengetahuan
4. Mampu berpikir Visioner ANALIS KEBIJAKAN AGRIBISNIS
1. Mampu mengidentifikasi fenomena dalam masyarakat dan hubungannya dengan kebijakan publik.
2. Mampu mengidentifikasi urusan/masalah publik dan privat dan jenis kebijakan. FASILITATOR (PEMBERDAYA)
1. Mampu melakukan komunikasi yang efektif
2. Mampu bekerja secara tim
3. Mampu bersikap positif PENGUSAHA PROFESIONAL
1. Mampu menyusun konsep rancangan bisnis dengan mengintegrasikan berbagai aspek lingkungan, sosial, ekonomi, dan budaya yang terkait dengan bidang agribisnis.
2. Mampu membuat rancangan bisnis untuk mengelola kegiatan agribisnis yang inovatif, profesional, dan berkelanjutan.
3. Mampu membuat keputusan dari berbagai alternatif solusi untuk menyelesaikan masalah-masalah bisnis.
4. Memiliki etika bisnis dalam pengelolaan kegiatan agribisnis yang berwawasan lingkungan.
KOMUNIKATOR AGRIBISNIS
1. Mampu menyusun konsep rancangan media komunikasi di bidang agribisnis.
2. Mampu membuat rancangan media komunikasi di bidang agribisnis.
3. Mampu mengaplikasikan penggunaan media komunikasi yang efektif.
4. Mampu membuat keputusan dari berbagai alternatif solusi untuk menyelesaikan masalah-masalah komunikasi dalam bidang agribisnis.
5. Memiliki etika komunikasi dalam kegiatan agribisnis.
6. Mampu memfasilitasi dialog inter dan antar kelompok kegiatan agribisnis yang melibatkan peran serta masyarakat.
PENELITI
1. Mampu menyusun konsep rancangan penelitian
2. Mampu membuat rancangan penelitian
3. Mampu melaksanakan penelitian dan menganalisis serta menginterpretasikan hasil penelitian
4. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan dalam transformasi ilmu dengan menjunjung tinggi etika ilmiah
5. Mampu memberikan solusi dan merekomendasikan secara tepat ANALIS BISNIS PROFESIONAL
1. Mampu menyusun konsep kelayakan usaha dibidang agribisnis
2. Mampu membuat rancangan kelayakan usaha di bidang agribisnis.
3. Mampu membuat keputusan dari berbagai alternatif rancangan kelayakan usaha
PERENCANA WILAYAH AGRIBISNIS
1. Mampu menyusun konsep perencanaan wilayah berdasarkan potensi agribisnis
2. Mampu membuat rancanganperencanaan wilayah berdasarkan potensi agribisnis
3. Mampu melakukan monitoring, evaluasi dan memberikan solusi dalam pembangunan wilayah berbasis agribisnis
PENGELOLA KELEMBAGAAN AGRIBISNIS
1. Mampu mengorganisasikan sumberdaya alam, sumberdaya manusia dan sumberdaya modal secara berkelanjutan
2. Mampu melakukan monitoring, evaluasi dan memberikan solusi dalam pemanfaatan sumberdaya
b. Kemampuan Bidang Pengetahuan (Kemampuan Pengetahuan):
1. Menguasai konsep teori Ilmu-ilmu Pertanian.
2. Menguasai konsep teori sistem agribisnis.
3. Menguasai konsep teori komunikasi, Manajemen dan Bisnis, Sosial, Ekonomi, Budaya, dan Lingkungan.
4. Menguasai konsep teori Komunikasi Massa, Sosial, Ekonomi, Budaya, dan Lingkungan.
5. Menguasai konsep teori metodologi penelitian
6. Menguasai konsep teori berbagai alat pengambilan keputusan.
7. Menguasai konsep teori Ekonomi, Finasial Perusahaan, perbankan, Komunikasi, Sosial, Budaya, dan Lingkungan.
8. Menguasai konsep teori lingkungan fisik, lingkungan sosial, lingkungan budaya
9. Menguasai konsep teori perencanaan pembangunan
10. Menguasai konsep teori ekonomi regional
11. Menguasai teknologi informasi sebagai dasar perencanaan pembangunan
12. Menguasai konsep teori kelembagaan Sosial
13. Menguasai konsep teori kelembagaan Ekonomi/bisnis
14. Menguasai konsep teori kelembagaan kekuasaan/birokrasi
c. Keterampilan Umum dan Sikap (ditetapkan oleh SNPT):
1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
11. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
12. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
13. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
14. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
15. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
16. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
17. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
18. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
19. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.