Program Studi

Agroteknologi

Visi dan Misi

VISI

Menjadi Program Studi yang unggul di bidang teknologi budidaya tanaman hortikultura untuk mengembangkan pertanian berkelanjutan yang dilandasi oleh jiwa bela negara dan berwawasan global pada tahun 2027.

MISI

• Mengembangkan proses pembelajaran yang mendukung perkembangan teknologi budidaya tanaman untuk mencetak Sarjana Pertanian yang tangguh, mandiri dan berwawasan global.

• Mengembangkan penelitian tentang pertanian berkelanjutan untuk mendukung perkembangan IPTEK

• Mengembangkan Pengabdian kepada Masyarakat dengan menjalin kerjasama untuk pengembangan dan pemberdayaan masyarakat dalam mencapai kesejahteraan.

Keunggulan

Bidang teknologi budidaya tanaman hortikultura, smart farming, dan urban farming

Tujuan dan Sasaran

TUJUAN

• Menghasilkan sarjana di bidang teknologi budidaya tanaman hortikultura yang terampil, cepat tanggap terhadap kemajuan iptek dan berwawasan global.

• Menghasilkan karya iptek di bidang pertanian melalui penelitian untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

• Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat untuk pengembangkan dan pemberdayaan masyarakat dalam mencapai kesejahteraan.

SASARAN

1. Terciptanya suasana belajar yang mendorong kemandirian dan mempunyai jiwa wirausaha pada tahun 2027

2. Terciptanya suasana pembelajaran yang mendorong mahasiswa dan dosen untuk menguasai ilmu seluas mungkin dengan dukungan fasilitas sarana prasarana yang selalu mengikuti perkembangan jaman pada tahun 2027.

3. Penguasaan analisis teoritis dan praktis serta kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama dalam pengembangan keilmuan di bidang teknologi budidaya tanaman yang berorientasi pada pertanian berkelanjutan dan berwawasan glpbal pada tahun 2027

4. Menjadi pioner pembangunan pertanian di tingkat lokal dan nasional pada tahun 2027

5. Menjadi pioner pembangunan pertanian di tingkat lokal dan nasional yang mandiri dan mempunyai jiwa wirausaha pada tahun 2027.

6. Penguasaan strategi pengelolaan tanaman, genetik/hayati dalam pembangunan pertanian yang berkelanjutan yang berwawasan global pada tahun 2027.

7. Pembekalan nilai-nilai disiplin, kejuangan dan kreativitas pada pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat pada tahun 2027.

8. Implementasi ilmu pertanian berkelanjutan untuk peningkatan kesejahteraan rakyat di tingkat daerah/lokal pada tahun 2027.

9. Implementasi ilmu pertanian berkelanjutan yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan negara pada tahun 2027.

Prospek Karir

Pengusaha, Peneliti, Dosen, Bekerja di bidang perkebunan dan perbenihan

Capaian Pembelajaran Lulusan

Pelaku di bidang pertanian

• Kemampuan menerapkan IPTEK dalam pengembangan sumber daya pertanian berdasarkan prinsip-prinsip pertanian berkelanjutan baik secara modern maupun yang mengangkat kearifan lokal.

• Mampu menerapkan prinsip ilmiah dalam merumuskan, menganalisis dan memecahkan permasalahan dalam bidang pertanian Manajer • Kemampuan merencanakan dan merancang pengembangan sumber daya pertanian secara efektif dan produktif.

• Kemampuan mengimplementasi dan mengevaluasi pelaksanaan pengembangan sumber daya pertanian secara tepat sesuai kaidah pertanian berkelanjutan.

• Kemampuan mengaktualisasikan potensi diri untuk bekerjasama dalam tim yang multidisiplin. Pengusaha

• Keberanian memulai, melaksanakan dan mengembangkan usaha inovatif bidang sumberdaya pertanian berkelanjutan.

• Kemampuan menjalin kerjasama (bernegosiasi dan berkomunikasi) secara efektif.

• Kemampuan berinovasi dalam menerapkan IPTEK di bidang sumberdaya pertanian berkelanjutan dan berani menghadapi risiko wirausaha.

• Kemampuan menerapkan etika bisnis yang berwawasan lingkungan. Peneliti

• Kemampuan mengidentifikasi, menganalisis dan merumuskan masalah sumberdaya pertanian yang berkelanjutan secara tepat. • Kemampuan merancang, melaksanakan penelitian dan menginterpretasikan data secara profesional serta mengkomunikasikan dengan menjunjung tinggi prinsip-prinsip etika ilmiah.

• Kemampuan merekomendasi penyelesaian masalah secara tepat di bidang sumberdaya pertanian yang berkelanjutan. Pendidik

• Kemampuan belajar sepanjang hayat untuk meningkatkan kemampuan dalam transfer IPTEK • Kemampuan berfikir kritis, analitis dan sintesis dalam mengembangkan sumber daya pertanian dengan memperhitungkan dampak penyelesaian masalah di lingkup global untuk kesejahteraan masyarakat

• Kemampuan sebagai fasilitator, motivator dan mediator dalam indentifikasi dan penyelesaian masalah bidang sumber daya pertanian yang berkelanjutan secara sistematik dan efektif.