Program Studi

Magister Ilmu Komunikasi

Visi dan Misi

Menjadi Program Studi Magister Ilmu Komunikasi bereputasi dalam bidang komunikasi korporat di tingkat nasional yang berorientasi global dengan jiwa bela negara, dilandasi nilai-nilai spiritual, kedisiplinan, kejuangan dan kreatifitas pada tahun 2035

Misi Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UPN Veteran Yogyakarta:

1. Mengembangkan sistem pembelajaran yang adaptif dan inovatif yang diorientasikan bagi pemecahan masalah dalam bidang komunikasi korporat

2. Mengembangkan sistem penelitian terpadu yang diorientasikan pada pemecahan masalah dan kajian analitis dalam bidang perencanaan dan kebijakan komunikasi stratejik bagi pembangunan nasional yang bereputasi baik di tingkat nasional atau pun internasional

3. Mengembangkan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat berbasis hasil dari sistem penelitian terpadu dalam bidang komunikasi stratejik yang berorientasi pada peningkatan kualitas hidup dan kemandirian masyarakat

4. Mengembangkan mitra kerjasama dan jejaring dengan berbagai lembaga baik di tingkat nasional atau pun internasional yang diarahkan bagi upaya peningkatan kualitas penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Keunggulan

Magister Ilmu Komunikasi FISISP UPNYK memiliki kekhususan pada Komunikasi Korporat.

Tujuan dan Sasaran

1. Menghasilkan Lulusan bidang Komunikasi Korporat yang mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi melalui penelitian, perencanaan dan kebijakan komunikasi stratejik yang berorientasi pada pemecahan masalah dan bermanfaat serta bernilai guna bagi kehidupan masyarakat, bangsa dan negara

2. Menyelenggarakan riset-riset terpadu dalam bidang Komunikasi Korporat yang bersifat multidisiplin yang diorietasikan bagi pemecahan masalah yang berkaitan dengan perencanaan dan kebijakan komunikasi stratejik bagi kepentingan masyakarat, koporasi, pemerintah dan bangsa serta negara

3. Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang berbasis dari hasil penelitian yang berorientasi kepada pemecahan masalah dan bernilai guna bagi peningkatan kualitas hidup dan kemandirian masyarakat dalam bidang perencanaan dan kebijakan komunikasi stratejik

4. Menghasilkan kerjasama-kerjasama dengan mitra lembaga, perusahaan korporasi, dan pemerintah baik di tingkat nasional dan internasional yang menunjang penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan tinggi dalam bidang komunikasi korporat dan komunikasi stratejik

5. Menghasilkan tata kelola dan managemen penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang bereputasi yang ditandai dengan tata kelola yang dikenal, diakui, dipercaya, akuntabel, berkeadilan dan penuh tanggung jawab.

Prospek Karir

1. Manajer Komunikasi Korporat Merupakan kelompok profesional yang menjalankan fungsi-fungsi managemen dalam mengelola isu-isu komunikasi strategis dalam organisasi, mengelola citra, membangun kredibilitas dan reputasi perusahaan korporasi melalui berbagai program Komunikasi Korporat

2. Konsultan Komunikasi Korporat Merupakan kelompok profesional mandiri yang memberikan layanan jasa konsultasi bagi pemecahan masalah, pengembangan program, peningkatan kapasitas yang diberikan kepada individu, organisasi/ perusahaan, organisasi birokrasi pemerintah terkait tentang pengelolaan terhadap isu-isu strategis perusahaan, permasalahan komunikasi pemasaran, organisasi dan korporasi, mengembangkan citra dan reputasi korporat serta memberikan analisis serta solusi terhadap permasalahan perusahaan

3. Manajer Publc Relations Merupakan kelompok profesional yang menjalankan fungsi-fungsi manajerial perusahaan yang secara spesifik mengelola isu-isu komunikasi yang menekankan pada relasi antara organisasi dengan stakeholder, eksternal atau internal yang digunakan untuk mendukung kebijakan organisasi/perusahaan dan tujuan-tujuan manajerial

4. Brand Manager Merupakan kelompok profesional yang menjalankan fungsi-fungsi manajerian yang bertanggungjawab mengelola suatu produk, product brand development, packaging, brand equity dan brand awareness perusahaan untuk meningkatkan daya tarik, daya ingat dan peningkatan pembelian suatu produk

5. Communication Marketing Manager Merupakan kelompok profesional yang menjalankan fungsi-fungsi manajerial terutama dalam mengelola dan mengimplementasikan strategi komunikasi pemasaran, promosi, direct selling, periklanan, strategi pemanfaatan media promosi dan pemasaran dalam perusahaan untuk meningkatkan pemasaran produk dan layanan kepada konsumen dan pelanggan

6. Communication Auditors Merupakan kelompok profesional yang mampu melakukan diagnosis, evaluasi dan asesmen terhadap performa organisasi yang diperlukan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi suatu organisasi.

7. Strategic Planners Merupakan kelompok profesional yang membuat perencanaan dan pengembangam strategis dalam menjalankan fungsi-fungsi manajerial perusahaan melalui pendekatan komunikasi stratejik dan membantu perusahaan untuk mendesain arah perusahaan di masa depan.

8. Media Research Analyst Merupakan kelompok profesional yang terlatih dalam melakukan penelitian baik dalam memahami permasalahan yang dihadapi, penguasaan metodologi, penguasaan terhadap teknik pengumpulan data, strategi analisis data dan hasil serta rekomendasi penelitian yang diperlukan perusahaan, organisasi, badan organisasi, korporasi atau pun pemerintah. Eksisten sebuah perusahaan atau organisasi ditentukan oleh seberapa dekat dan mampu dalam memanfaatkan media yang ada. Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi menjadikan media dan data sebagai hal yang semakin krusial

Capaian Pembelajaran Lulusan

1 Mampu menjalankan fungsi-fungsi manajerial dan mengambil keputusan berbasis bukti terhadap pengembangan organisasi melalui komunikasi korporat dalam sebuah organisasi/perusahaan

2. Mampu melakukan diagnosis, evaluasi dan asesmen terhadap performa organisasi untuk meningkatkan kinerja dan performa organisasi atau dan korporasi

3. Mampu memberikan layanan jasa konsultasi bagi pemecahan masalah, pengembangan program, peningkatan kapasitas yang diberikan kepada organisasi/ perusahaan, organisasi birokrasi pemerintah terkait tentang pengelolaan terhadap isu-isu strategis perusahaan, komunikasi pemasaran, citra dan reputasi korporat serta memberikan analisis solusi terhadap permasalahan perusahaan

4. Mampu menjalankan fungsi-fungsi manajerial perusahaan yang secara spesifik mengelola isu-isu komunikasi yang menekankan pada relasi antara organisasi dengan stakeholder, eksternal atau internal yang digunakan untuk mendukung kebijakan organisasi/perusahaan dan tujuan-tujuan manajerial

5. Mampu menjalankan fungsi-fungsi manajerian yang bertanggungjawab mengelola suatu produk, product brand development, packaging, brand equity dan brand awareness perusahaan untuk meningkatkan daya tarik, daya ingat dan peningkatan pembelian suatu produk

6. Mampu menjalankan fungsi manajerial terutama dalam mengelola dan mengimplementasikan strategi komunikasi pemasaran, promosi, direct selling, periklanan, strategi pemanfaatan media promosi

7. Mampu membuat perencanaan dan pengembangam strategis dalam menjalankan fungsi-fungsi manajerial perusahaan melalui pendekatan komunikasi stratejik dan membantu perusahaan untuk mendesain arah perusahaan di masa depan.

8. Mampu melakukan penelitian baik dalam memahami permasalahan yang dihadapi, penguasaan metodologi, penguasaan terhadap teknik pengumpulan data, strategi analisis data dan hasil serta rekomendasi penelitian yang diperlukan perusahaan, organisasi, badan organisasi, korporasi atau pun pemerintah.