Mahasiswa Teknik Perminyakan UPN Veteran Yogyakarta Ikuti Kuliah Lapangan di Pertamina EP Cepu

  • Senin 02 September 2024 , 01:07
  • Oleh : Dewi
  • 681
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

INFOUPNYK – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Perminyakan UPN Veteran Yogyakarta mengikuti kuliah lapangan di PT Pertamina EP Cepu (PEPC), Jawa Tengah pada Rabu-Jumat, 21-23 Agustus 2024. Diikuti 215 mahasiswa angkatan 2022, kuliah lapangan ini bertujuan memberikan gambaran dan pengetahuan tentang kegiatan perusahaan sektor hulu minyak dan gas (migas). 

Asisten Manager Pertamina EP Cepu, Ir. Ardi ST, MT, MSi, IPU, mengatakan, kuliah lapangan ini menjadi sarana sinkronisasi antara materi perkuliahan Prodi Teknik Perminyakan dengan dengan aktivitas lapangan di sektor hulu migas. Mahasiswa diberi kesempatan untuk melihat langsung implementasi di lapangan dari semua materi kuliah yang telah mereka terima di kelas.

“Saya mewakili Manager Pertamina EP Cepu, mengucapkan selamat datang kepada dosen dan teman-teman mahasiswa dari UPN Veteran Yogyakarta. Semoga kuliah lapangan di Pertamina EP Cepu ini dapat memberikan pengalaman dan pembelajaran tentang kegiatan hulu dan hilir dari Pertamina EP Cepu,” ujarnya.

Selama kuliah lapangan berlangsung, para mahasiswa dapat melihat langsung proses pengambilan minyak atau eksploitasi. Salah satunya, kegiatan eksploitasi menggunakan Sucker Rod Pump (SRP) atau pompa angguk yang merupakan metode pengangkatan minyak bumi dari dalam sumur secara buatan (artificial lift).

Para mahasiswa juga dibekali materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di Pertamina EP Cepu. Tujuannya, selain mengetahui proses pengambilan minyak, mahasiswa juga memahami prosedur keselamatan yang perlu ditaati oleh para pekerja guna menjamin keselamatan mereka selama bekerja.

Mahasiswa Prodi Teknik Perminyakan UPN Veteran Yogyakarta juga diperkenalkan dengan seluk beluk PT Pertamina khususnya Pertamina EP Cepu, yang merupakan salah satu entitas anak perusahaan minyak negara.

Para mahasiswa menyambut baik kuliah lapangan ini dan mengaku mendapatkan pengalaman baru yang berkesan. Kuliah lapangan ini juga membuat para mahasiswa lebih memahami praktik pengambilan minyak yang selama ini mereka pelajari di bangku kuliah.

Penulis: Qeyzha Putri Rania