Mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta Raih Juara 3 di Kompetisi Inovasi Sains Nasional

  • Rabu 11 September 2024 , 01:55
  • Oleh : Dewi
  • 505
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta
Tim mahasiswa Teknik Kimia UPN Yogyakarta berhasil meraih juara tiga

INFOUPNYK – Tim mahasiswa Teknik Kimia Universitas Pembangunan Nasional (UPN) UPN Veteran Yogyakarta berhasil meraih juara tiga dalam Kompetisi Inovasi Sains Nasional (KISN) 2024 yang diselenggarakan oleh Jurusan Fisika, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana, Kupang, NTT. Tim terdiri dari Feryandicka Reva Surya Saputra, Nayla Syifa Salsabila, dan Shofa' Salsabila Ratna Wijaya, yang merupakan mahasiswa Program Studi (Prodi) S1 Teknik Kimia angkatan 2023.

Setelah melalui proses panjang, mulai dari 1 April 2024, tim ini berhasil menyisihkan pesaing lainnya dari berbagai universitas dan politeknik se-Indonesia, hingga akhirnya masuk dalam enam besar finalis terbaik. Pada Sabtu (7/9/2024), keenam tim finalis bersaing dalam babak final, dan tim UPN Veteran Yogyakarta akhirnya berhasil meraih juara tiga.

Shofa, salah satu anggota tim mengatakan, ia dan kelompoknya mempersembahkan inovasi teknologi yang menghasilkan listrik ramah lingkungan, sebagai solusi energi terbarukan sekaligus mendukung sektor perikanan. Inovasi tersebut, berbasis Ocean Thermal Energy Conversion (OTEC)  yang memanfaatkan panas air laut untuk memanaskan amonia (NH3) dalam sistem tertutup.

“Tema lomba sangat sesuai dengan bidang Teknik Kimia, jadi kami memutuskan untuk serius dan mengerahkan kemampuan penuh," ujar Shofa.

Selama proses kompetisi, tim sering berdiskusi dan berkonsultasi dengan dosen pembimbing mereka, Dr. Heri Septya Kusuma, S.Si., M.T.

"Kami sering berdiskusi dengan Pak Heri. Awalnya banyak kendala, seperti ide yang kurang masuk akal, tetapi dengan bimbingan beliau, kami akhirnya bisa menyelesaikan semuanya," lanjut Shofa. 

Shofa juga menceritakan, salah satu momen yang paling berkesan bagi tim adalah ketika mereka harus melakukan diskusi hingga larut malam di kampus, sampai diusir oleh satpam karena kampus akan tutup. Kunci utama keberhasilan mereka adalah yakin dan percaya diri, serta bekerja maksimal menjelang pengumpulan karya dan presentasi.

"Jangan takut mencoba hal baru dan jangan takut gagal. Juara hanyalah bonus, yang penting adalah manfaat yang bisa kita berikan," tutup Shofa.

Dr. Heri Septya Kusuma, S.Si., M.T., selaku dosen pembimbing, juga menyampaikan rasa bangganya terhadap prestasi tim bimbingannya setelah melalui proses yang panjang dan kompetitif. Dosen Jurusan Teknik Kimia ini berharap, semoga prestasi Shofa dan tim, bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi seluruh sivitas akademika UPN Veteran Yogyakarta untuk terus berkarya di kancah yang lebih luas.

"Ini bukan perjalanan yang mudah. Persaingan sangat ketat dan perjuangan keras selama lima bulan akhirnya terbayar dengan hasil yang membanggakan," ujar beliau. 

Selain itu, Heri juga mendorong para dosen Teknik Kimia agar lebih bersemangat dan proaktif mengajak mahasiswa untuk terus mengikuti kompetisi di tingkat nasional maupun internasional.

“Kompetisi merupakan kesempatan untuk mengasah kemampuan, mengembangkan inovasi, dan meraih prestasi sangat terbuka lebar,” tutup Heri.

Penulis : Listi Rohmah