Vocalista Paradisso Kantongi 2 Medali Emas dalam Kompetisi Paduan Suara di Thailand

  • Kamis 12 September 2024 , 12:12
  • Oleh : Dewi
  • 336
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta
PSM Vocalista Paradisso UPN Veteran Yogyakarta di 1st Thailand International Choir Festival 2024

INFOUPNYK - Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Vocalista Paradisso UPN Veteran Yogyakarta berhasil menorehkan prestasi gemilang pada 1st Thailand International Choir Festival 2024. Dalam kompetisi regional yang digelar pada 3-6 September 2024 lalu, PSM Vocalista Paradisso meraih dua medali emas.

1st Thailand International Choir Festival 2024 merupakan ajang bergengsi yang diselenggarakan Thailand Choral Association. Dalam kompetisi tersebut, PSM Vocalista Paradisso tampil pada kategori Pop & Jazz dengan membawakan lagu Kembalikan Baliku dan Sing Sing Sing, serta kategori Folklore dengan lagu Sinampure dan Kerraban Sape.

Dari penampilan tersebut, PSM Vocalista Paradisso berhasil memboyong dua prestasi, yakni:

  • 3rd Place Gold Medal pada Pop & Jazz Category dengan skor akhir 85,80.
  • 3rd Place Gold Medal pada Folklore Category dengan skor akhir 85,63.

General Manager Tim TICF PSM Vocalista Paradisso 2024, Nadya Michelle, mengatakan, seluruh anggota tim sudah memberikan penampilan terbaiknya untuk kompetisi tersebut. Tim PSM Vocalista Paradisso terdiri dari 35 penyanyi, satu orang konduktor, satu orang pelatih, satu orang pianis, dan dan tiga orang official.

“Puji syukur, PSM Vocalista Paradisso kembali meraih medali emas di Negeri Gajah Putih untuk dua kategori. Hasil yang kami peroleh telah membayar seluruh proses yang telah kami lewati”, ujar Nadya Michelle.

Prestasi PSM Vocalista Paradisso, lanjut Nadya, tidak hanya menjadi kebanggaan bagi tim, tetapi juga bagi almamater kampus UPN Veteran Yogyakarta serta bangsa Indonesia. Tak puas sampai di sini, Nadya menyatakan, PSM Vocalista Paradisso berkomitmen untuk terus mengembangkan potensinya serta mengikuti berbagai kompetisi paduan suara lain, baik di kancah nasional maupun internasional.

“Jauh di dalam hati kami, kami sangat puas dan bangga dengan apa yang telah kami peroleh. Kami percaya bahwa kami telah menampilkan yang terbaik dari masing-masing kami, dan semua itu juga dapat kami lakukan atas penyertaan dan berkat Tuhan”, tutur Nadya Michelle.

Dalam kompetisi tersebut, PSM Vocalista Paradisso berhasil menyisihkan 33 peserta lainnya yang berasal dari Kawasan Asia Tenggara. Tidak terbatas dari kalangan mahasiswa, 1st Thailand International Choir Festival 2024 juga diikuti oleh peserta umum.

Dijumpai dalam kesempatan berbeda, Koordinator Humas Tim TICF PSM Vocalista Paradisso 2024, Elia Fernando Girsang mengungkapkan, persiapan PSM Vocalista Paradisso untuk tampil di ajang tersebut, dilakukan selama enam bulan lamanya sejak Maret 2024. Mereka berlatih setiap hari, tanpa mengesampingkan tugas akademik sebagai mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta.

“Menurut saya, ini adalah lomba yang paling berkesan. Kami bersyukur bisa ada di titik ini, setelah berproeses dan berdinamika bersama-sama. Lomba ini menjadi experience baru yang memberi semangat buat kami PSM Vocalista Paradisso,” ujar Elia Fernando Girsang.

PSM Vocalista Paradisso kerap tampil dan mengantongi prestasi di ajang regional dan internasional. Pada 2023 lalu, PSM Vocalista Paradisso tampil di Taipei International Choral Competition dan membawa pulang tiga medali emas. Di tahun yang sama, PSM Vocalista Paradisso berhasil meraih tiga medali emas dari ajang The

6th Karangturi International Choir Competition di Semarang, Jawa Tengah.

Penulis: Kenaya Chiquita dan Ulfa