2 Mahasiswa Agribisnis UPNYK Sabet Medali Emas dan Perunggu di POMNAS XVIII

  • Kamis 30 November 2023 , 12:00
  • Oleh : Admin
  • 423
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta
(Dari kiri) Disha dan Alang saat menerima medali pada ajang POMNAS XVIII. Sumber: pribadi

INFOUPNYK - Dua mahasiswa Program Studi S1 Agribisnis dari Fakultas Pertanian UPN "Veteran" Yogyakarta (UPNYK), Alang Amanda Puspa dan Gerardus Hanandika Dishatama, berhasil menorehkan prestasi dalam Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional XVIII (POMNAS XVIII) yang berlangsung mulai tanggal 13-20 November 2023 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Alang Amanda Puspa berhasil meraih dua medali emas dalam cabang olahraga Bridge, kategori pasangan putri dan beregu putri. Sementara Gerardus Hanandika Dishatama memperoleh medali perunggu pada kategori beregu putra. Keberhasilan dua mahasiswa ini tidak lepas dari perjalanan yang panjang. Proses perjalanan Alang dan Disha menuju prestasi ini dimulai sejak bulan Mei, melalui serangkaian tahapan seleksi portofolio, serta pengumpulan sertifikat dan piagam kejuaraan tingkat provinsi, nasional, dan internasional. Keduanya berhasil lolos dan melaju ke POMNAS XVIII mewakili Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, di mana mereka bersaing dengan peserta dari 10 Provinsi.

Pertandingan beregu putri dimulai dengan babak penyisihan pada tanggal 13 November 2023. Dengan 9 ronde pada babak penyisihan, mereka berhasil melangkah ke babak semifinal dan akhirnya mengalahkan tim Jawa Tengah pada ronde final. Pada pertandingan bridge kategori Pasangan Putri, yang berlangsung pada 17 dan 18 November 2023, Alang dan pasangannya berhasil meraih juara 1 dari 24 pasangan putri peserta yang berasal dari 10 Provinsi. Sementara itu, Disha juga meraih prestasi dengan menempati posisi juara 3 pada kategori beregu putra.

Alang menekankan momen menegangkan pada babak penyisihan POMNAS XVIII karena selisih poin yang sangat tipis. "Menyenangkan, menegangkan terlebih pada babak penyisihan karena selisihnya sangat tipis," tuturnya.

Terpisah, Disha menambahkan bahwa pertandingan ini tidak hanya memberikan pengalaman bertanding di luar pulau, tetapi juga menjadi ajang pertama kali cabang olahraga bridge dipertandingkan dalam POMNAS. "Seru, karena mendapatkan teman baru dan pengalaman pertama kali bertanding dalam cabang olahraga bridge di luar pulau ditambah cabor bridge ini merupakan cabor yang juga pertama dipertandingkan dalam POMNAS," kata Disha.

Prestasi ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa UPNYK lainnya untuk terus mengembangkan kompetensi dari minat dan bakatnya di berbagai bidang. Harapannya prestasi serupa menjadi awal dari pencapaian-pencapaian yang lebih besar di masa depan.


Sumber berita:
Dua Mahasiswa Agribisnis UPN “Veteran” Yogyakarta Raih Prestasi Juara Bridge POMNAS XVIII 2023