Dua Tim Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPNYK Raih Kemenangan di Advertising Bootcamp 4.0 Kemenparekraf

  • Senin 06 November 2023 , 11:43
  • Oleh : Dewi
  • 542
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta
Tim Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPNYK pada acara Advertising Bootcamp 4.0. Sumber: dokumentasi pribadi

INFOUPNYK - Dua Tim Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPNYK berhasil meraih kemenangan dalam ajang Advertising Bootcamp 4.0 yang diselenggarakan di Balkondes Wanurejo, Magelang, Jawa Tengah. Acara ini merupakan hasil kerjasama antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Google Indonesia, serta Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) yang diselenggarakan sejak tanggal 26-29 Oktober 2023.

Acara ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai universitas di daerah Jogja, Solo, dan Semarang. Selama empat hari, peserta dibekali dengan pelatihan intensif dari para praktisi yang menjadi narasumber. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta pada bidang periklanan, marketing komunikasi, serta industri kreatif. Untuk menguji kemampuan peserta Advertising Bootcamp 4.0 ini, tiap kelompok yang berpartisipasi juga mengikuti lomba untuk membuat strategi kampanye Kawasan Wisata Borobudur.

Salah satu peserta Advertising Bootcamp 4.0 dari UPNYK, Ni Kadek Widya Aura Pramesti mengungkapkan bahwa Advertising Bootcamp kali ini memberikan pengalaman yang berkesan baginya.

“Banyak hal yang aku dapatkan dari awal Advertising Bootcamp 4.0 hingga final moment nya. Nggak cuman materinya yang sangat insightful, tapi juga experience bertemu dengan orang banyak yang sedang berjuang disana Menyenangkan sekali bisa berkompetisi yang sehat antar team,” ujar Widya.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPNYK itu meraih peringkat Gold setelah melewati proses seleksi juri. Bersama timnya, Anasera Agency yang terdiri dari Raihan Afifuddin Huda, Shofura Salma Pinasthika, Naila Annisa Melinda, serta Putry Ramanda Sani.

“Dari awal, kami nggak fokus untuk menjadi pemenang, melainkan fokus untuk ngelewatin setiap harinya dengan baik dan all out. Jadi, saat dinyatakan menang, rasa syukurnya lebih besar karena sejak hari pertama kami hanya berusaha untuk ngelakuin yang terbaik dan berserah atas hasilnya,” ungkap Widya selaku Ketua Kelompok.

Untuk diketahui, tim lain yang turut mewakili Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta dalam ajang Advertising Bootcamp 4.0 turut memenangkan kompetisi ini. Damara Anindya Putri selaku ketua dari Compass Creative Labs berhasil memenangkan peringkat Silver. perwakilan kedua dari UPN “Veteran” Yogyakarta ini terdiri dari Alifah Nurul Hidayati, Aurelia Nora Nadhira Yovita, Ratna Puji Astuti, serta Mutiara Fauziah Nur Awaliah.

Riky Riantoby selaku camp leader dalam Advertising Bootcamp 4.0 mengungkapkan bahwa keunikan program ini terletak pada kedekatan materi bootcamp dengan materi kurikulum kampus.

“Secara tidak langsung, materi yang disampaikan pada kegiatan ini dekat dengan industri namun tetap sesuai dengan materi dari kampus. Lebih aplikatif dan menyiapkan insight baru,” terangnya.

Riky berpesan teman-teman mahasiswa lain yang berminat mengikuti acara ini agar mempersiapkan diri. Menurutnya, kemauan kuat menjadi modal utama agar dapat lolos seleksi.

“Kemauan untuk belajar, untuk upgrading, menyiapkan diri untuk masuk ke dunia kerja. Kembali lagi ke kemauan dari teman-teman sendiri. Kesempatan sekarang ada dimana-mana,” pungkasnya.