DEM UPNYK Bersama Pertamina EP Field Cepu Hijaukan Pantai Samas

  • Selasa 07 November 2023 , 09:30
  • Oleh : Dewi
  • 503
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta
Prosesi penanaman bibit Mangrove di pantai Samas. Sumber: pribadi

INFOUPNYK - Dalam rangka turut mensukseskan Program One Two Trees yang diinisiasi oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Pertamina EP Field Cepu bagian dari Zona 11 Regional Indonesia Timur melakukan penanaman dan serah terima 3000 bibit mangrove kepada Dewan Energi Mahasiswa (DEM) Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNYK) di Pantai Samas Yogyakarta, Sabtu (29/10/2023).

Program penghijauan tahun ini Pertamina EP Field Cepu berkolaborasi dengan Yayasan Sedulur Pena (YSP) Indonesia dan Dewan Energi Mahasiswa (DEM) UPNYK serta berkolaborasi juga dengan komunitas lingkungan “Respirasi”. Acara merupakan kegiatan untuk memperingati hari energi nasional.

Presiden DEM UPNYK, Muhamad Rizki Rasyidin mengatakan, kegiatan di Pantai Samas ini merupakan rangkaian program peringatan hari energi nasional dengan tema “Ocean Harmony” . "Dalam kegiatan ocean harmony salah satu kegiatan yang kita lakukan bersama Pertamina EP Cepu Field yaitu penanaman mangrove di wilayah Pantai Samas," kata Rizki.

Kegiatan penghijauan ini diikuti oleh 60 peserta umum termasuk juga mahasiswa yang tergabung dalam organisasi Dewan Energi Mahasiswa UPNYK yang merupakan panitia penyelenggara.

“Kegiatan ini kami laksanakan selain bertujuan untuk memperingati hari energi juga untuk melestarikan alam, dan kami berterima kasih kepada Pertamina EP Field Cepu yang telah turut andil mensukseskan acara dan juga menyediakan 3000 bibit mangrove,” ujar presiden DEM UPNYK. Ocean Harmony dilaksanakan pada tanggal 27 dan 28 Oktober 2023 yang dilaksanakan secara berturut - turut.

Perwakilan Pertamina EP Field Cepu, Sony Aditya Kusuma mengucapkan terima kasih kepada pihak yang sudah berkolaborasi mensukseskan program penghijauan, baik dari Dewan Energi Mahasiswa UPNYK dan juga komunitas lingkungan Respirasi.

Menurut Sony, program penghijauan 3000 bibit mangrove ini diharapkan bisa berkontribusi dalam menurunkan emisi karbon serta menjaga lingkungan pantai Samas demi keberlanjutan lingkungan bagi generasi mendatang.

“Kolaborasi bersama mahasiswa dari DEM UPNYK ini sangat luar biasa, dan juga berkolaborasi bersama komunitas lingkungan respirasi yang merupakan komunitas peduli lingkungan di Pantai Samas,” ungkap Sony.

Berita ini juga dapat diakses pada laman berikut:
Pertamina EP Field Cepu Kolaborasi dengan DEM UPN Yogyakarta Hijaukan Pantai Samas