HIMAHI FISIP UPNVY GALANG KEGIATAN SOSIAL

  • Senin 13 Juli 2020 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 2258
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman – Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HIMAHI) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) menggalang kegiatan social yang bertajuk “Himahi Berbagi”. Organisasi HIMAHI FISIP UPNVY, menggalang open donation melalui akun Instagram @himahi, yang dibuka hingga tanggal 10 Juli 2020. Tujuan dari kegiatan ini yaitu membantu beban dan memberi semangat terhadap masyarakat yang terkena dampak Covid-19.

Afif Sabwanto, selaku penanggung jawab kegiatan HIMAHI FISIP UPNVY menyatakan bahwa kasus Covid-19 belum menunjukkan tanda-tanda adanya penurunan kasus. Di beberapa negara, jumlah kasus virus corona justru semakin merebak. Di Indonesia sendiri, kasus virus corona telah mencapai lebih dari 50,000 kasus. Hal ini menjadi alasan Kita, untuk melakukan kegiatan sosial yang bertajuk Himahi Berbagi.

“Alasan kami mengadakan acara ini adalah melihat kondisi pandemi yang belum kunjung membaik, masih banyak saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kami mencoba untuk membantu meringankan beban dan memberi semangat kepada mereka.” Ujar Afif Sabwanto, selaku penanggung jawab kegiatan Himahi Berbagi.

Organisasi Himahi ini melakukan open donation melalui akun Instagram @himahi, yang dibuka hingga tanggal 10 Juli 2020 mendatang. Setelah kegiatan open donation ditutup, mereka akan segera membelanjakan bahan-bahan yang akan dibagikan dengan uang dari donatur. Mereka juga akan langsung mendistribusikannya kepada masyarakat yang membutuhkan. Sasaran yang diutamakan dalam kegiatan Himahi Berbagi ini adalah mahasiswa Hubungan Internasional yang membutuhkan dan tentunya yang berada di Yogyakarta. Selain mahasiswa HI, Himahi Berbagi juga akan memberikan bantuan kepada pekerja informal yang pekerjaannya terdampak akibat virus corona, yang membuat mereka tidak memiliki penghasilan. “Untuk sasarannya, sih, kami fokus ke teman-teman HI dulu, tetapi kami juga akan membagikan kepada pekerja-pekerja informal. Jadi sistemnya kami melakukan survei serta ada beberapa masukan dari teman-teman untuk sasaran bantuan ini.” lanjut Afif.

Dalam eksekusi kegiatan Himahi Berbagi ini, organisasi tidak melibatkan seluruh anggota, karena tidak semua anggota berada di Kota Yogyakarta. Untuk proses pendistribusian bantuan pun mereka akan menggunakan 3 buah mobil dengan tujuan yang berbeda-beda. “Untuk mendistribusikan sembako itu nanti insyaallah akan dibagi ke 3 mobil. Mobil pertama ke tempat tinggal teman-teman mahasiswa HI di Babarsari, kemudian satu mobil ke Seturan, dan satu mobil lagi untuk beberapa titik di kota seperti Malioboro dan Pasar Beringharjo.” Ungkap Afif.

Harapan Afif terhadap kegiatan Himahi Berbagi ini adalah mahasiswa HI dan para pekerja informal dapat terbantu terutama untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. Selain itu, Afif juga berharap virus corona ini segera berakhir agar masyarakat dapat kembali bekerja dan teman-teman mahasiswa juga dapat segera berkuliah tatap muka kembali.