Kegiatan UKM Seni UPN Veteran Yogyakarta Massa Social Distancing

  • Selasa 23 Juni 2020 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1788
  • 3 Menit membaca

Sleman-Sepanjang social distancing yang diakibatkan oleh covid-19 menjadikan banyak kegiatan tatap muka di masyarakat terhambat. Tidak terkecuali dengan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni UPN “Veteran” Yogyakarta. UKM Seni yang merupakan salah satu UKM yang aktif dalam berkegiatan terpaksa harus meniadakan latihan rutin tiap-tiap sub unit terhitung sejak akhir bulan Maret 2020.

Akibat dari hal tersebut, kegiatan-kegiatan UKM Seni pun harus dilakukan secara daring. Taufikkurrahman DN selaku Ketua dari UKM Seni UPN “Veteran” Yogyakarta menjelaskan bahwa di awal rencana, UKM Seni memiliki sebuah rangkaian pertunjukkan di bulan April seperti tahun sebelumnya, namun dikarenakan adanya covid-19 menjadikan acara tersebut diundur hingga semester depan dan kemungkinan akan dilakukan secara daring. “Buat pertunjukannya sendiri yang memungkinkan dilaksanakan secara virtual akan dilaksanakan secara virtual, contohnya kayak konser online,” jelasnya.

Akan tetapi, untuk pertunjukkan dari sub unit teater dan karawitan pun masih belum dipikirkan secara matang karena adanya kendala yaitu sub unit teater yang membutuhkan latihan intensif sebelum pertunjukkan namun tidak memungkinkan di waktu-waktu sekarang ini. Sedangkan untuk sub unit karawitan sendiri, alat musik yang diperlukan tersebar di sanggar dan studio UKM Seni sehingga sulit bagi para anggotanya untuk berlatih sendiri.

Taufik juga menyebutkan bahwa semasa social distancing kemarin, beberapa sub unit juga melakukan kegiatan-kegiatan menarik yang dilakukan secara jarak jauh. Seperti dalam sub unit vocal group, melakukan kolaborasi jarak jauh dengan menyanyikan lagu “Rumah Kita” yang kemudian diunggah di akun Instagram sub unit vocal group, @vg.upnyk. Selain itu, sub unit tari juga melakukan challenge seperti make up challenge dan Pass The Brush Challenge yang turut diunggah di akun Instagram milik sub unit tari, @tari.upnyk. Untuk sub unit desain grafis juga melakukan pameran secara daring yaitu Online Art Show From Home, di mana para pesertanya akan membuat suatu karya seni rupa yang nantinya akan diunggah di instastory @dg.upnyk. Sedangkan sub unit fotografi melakukan tantangan berupa 14 Days Photo Challenge di mana dalam 14 hari, siapa pun boleh berpartisipasi, tidah hanya anggota UKM Seni saja untuk mengikuti tantangan berupa mengambil foto berdasarkan tema yang sudah dicantumkan. Kemudian hasil foto yang sudah diambil pun akan diunggah di Instagram.

Pada semester yang akan datang, UKM Seni UPN “Veteran” Yogyakarta memiliki rencana dalam perekrutan mahasiswa baru secara daring mengingat kegiatan perkuliahan pun akan turut dilaksanakan secara daring. Dimulai dari promosi melalui group mahasiswa baru hingga promosi secara mandiri melalui official line UKM Seni, blogspot dan juga seluruh social media yang dimiliki. Selain itu, studi banding yang biasa dilakukan setiap tahun antar UKM Seni yang ada di Yogyakarta dan UKM Seni dari UPN “Veteran” Jakarta dan Jawa Timur juga akan dilakukan secara daring. Sedangkan untuk perayaan Dies Natalis UKM Seni UPN “Veteran” Yogyakarta pun kemungkinan besar akan dilakukan secara daring mengingat adanya social distancing ini melalui platform-platform online yang tersedia.

Di tengah pandemi ini juga, para pengurus harian UKM Seni dan pengurus dari tiap-tiap sub unit selalu berusaha untuk menjaga semangat para anggota dengan harapan agar mereka tetap bersemangat dalam beraktivitas dan berorganisasi walaupun terkendala jarak.