BEM FISIP UPNVY: PEDULI COVID-19

  • Jumat 03 Juli 2020 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1941
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman-Fenomena covid-19 yang sudah berlangsung sejak bulan Maret akhir 2020 menimbulkan kesulitan bagi  masyarakat  khususnya di sektor perekonomian terutama masyarakat kecil. Mengingat hal tersebut, membuat masyarakat untuk tergerak hatinya agar saling membantu sesama. Maka dari itu, Badan Eksekutif Mahasiswa  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN “Veteran” Yogyakarta (BEM FISIP UPNVY mengadakan kegiatan galang dana berupa BEM FISIP UPNVY. Kegiatan ini bekerja sama dengan organisasi kemahasiswaan di bawah naungan FISIP terutama HMJ dan DPM FISIP.

FISIP Peduli merupakan salah satu program kerja berkelanjutan dari organisasi kemahasiswaan BEM FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya dengan waktu yang kondisional. Untuk tahun ini, tema dari kegiatan galang dana yang diadakan FISIP Peduli adalah “Gerakan Hati Nurani Covid-19 Bersama Keluarga Mahasiswa FISIP.”

Novi Saputri, mahasiswa Administrasi Bisnis tahun 2017, sebagai Kepala Departemen Sosial Masyarakat BEM FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta menerangkan bahwa kegiatan FISIP Peduli dimulai dari penyebaran poster secara daring yang dilakukan oleh seluruh anggota BEM FISIP dibantu dengan anggota HMJ dan DPM FISIP serta mahasiswa FISIP. Kemudian dilanjutkan kegiatan penggalangan dana yang dimulai tanggal 27 April hingga 8 Mei 2020. Penggalangan dana yang dilakukan pun terbuka bagi siapa saja dan tidak hanya untuk masyarakat FISIP UPN “Veteran Yogyakarta. Hasil dari dana yang sudah terkumpul digunakan untuk membeli paket sembako berisi beras, biskuit, gula pasir, mie instan, minyak goreng, telur dsb. Tidak lupa juga pemberian masker dan sabun batang mengingat pentingnya dua hal tersebut di masa pandemi ini.

Sasaran utama dari kegaiatan ini antara lain mahasiswa FISIP yang merupakan penerima bidikmisi, mahasiswa dengan golongan UKT 1 & 2, serta mahasiswa perantauan. Lalu sasaran keduanya adalah pekerja informal yang terkena dampak dari covid-19 ini seperti pedagang kecil, tukang becak, tukang sapu, tukang tambal ban, dan sebagainya di wilayah sekitar Babarsari.

Pendistribusian sembako dilakukan oleh 26 orang partisipan yang berasal dari beberapa anggota BEM FISIP, perwakilan setiap HMJ dan DPM FISIP yang dilaksanakan pada tanggal 10 Mei 2020 pukul 10.00-14.00 WIB di depan gedung Ahmad Yani Kampus 2 UPN “Veteran” Yogyakarta.

“Kemarin penyebaran sembako dilakukan di Jalan Babarsari, Jalan Selokan Mataram, Gejayan, Pasar Condongcatur dekat kampus 1, Jalan Laksda Adisucipto, Timoho, dan Blok O,” jelas Novi.

Tujuan dari kegiatan tersebut antara lain membantu meringankan beban mahasiswa dan masyarakat yang terkena dampak covid-19 khususnya di sekitar wilayah kampus 2 Babarsari UPN “Veteran” Yogyakarta. Dilihat dari dampak akibat pandemi yang berkepanjangan dan lesunya kondisi sosial dan ekonomi, BEM FISIP melalui kegiatan FISIP Peduli mengajak HMJ, DPM FISIP dan seluruh mahasiswa FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta untuk meningkatkan rasa kepedulian dan solidaritas antar sesama mahasiswa dan masyarakat umum yang terkena dampak covid-19.

Novi juga menyampaikan pesan untuk semua teman-teman bahwa dengan adanya kondisi ini untuk mengingatkan dan menyadarkan kita dalam meningkatkan rasa sosial dan membantu sesama. Apapun bentuk bantuan pun akan sangat berarti bagi siapa saja yang membutuhkan, tidak harus secara material, namun bantuan bisa berupa tenaga dan waktu yang diluangkan. “Kita membantu tidak harus dengan uang,” ungkapnya.