KM FOTOGRAFI UPNVY GELAR 14DAYSCHALLENGE MASA NEW NORMAL

  • Kamis 09 Juli 2020 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1503
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Fotografi UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) menggelar 14DAYSCHALLENGE. Tujuan dari kegiatan ini yaitu mengatasi kebosanan dan menjaga produktivitas organisasi, Sub Unit UKM Fotografi UPNVY di saat New Normal.

Alfa, selaku Ketua Sub Unit Fotografi menyatakan setelah tiga bulan lamanya masyarakat melakukan aktivitas dari rumah, kini mereka mulai menyuarakan kebosanannya. Meskipun pandemi virus corona belum berakhir, namun sudah banyak masyarakat yang mulai melakukan aktivitas seperti sebelum pandemi ini mewabah. Di samping itu, pemerintah juga telah membuat kebijakan New Normal, dimana masyarakat diharapkan dapat beradaptasi dan berdampingan dengan virus corona, tanpa melanggar protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Namun, tak sedikit juga masyarakat yang masih tetap di rumah saja, dikarenakan kasus virus corona yang masih terus bertambah dan belum menunjukkan tanda-tanda adanya penurunan kasus.

Alfa menambahkan untuk mengatasi kebosanan dan menjaga produktivitas organisasi, sub unit UKM Fotografi UPN “Veteran” Yogyakarta berinisiatif untuk mengadakan #14DAYSCHALLENGE. Konsep dari #14DAYSCHALENGE sendiri adalah partisipan ditantang untuk memposting satu foto dalam satu hari dengan tema yang telah ditentukan. Di antaranya pada hari pertama, partisipan ditantang untuk memposting foto dengan tema “What Makes You Smile”, kemudian tema pada hari kedua adalah “Bokeh”, hari ketiga adalah “Silhouette”, hari keempat adalah “Shadow Of Anything”, hari kelima adalah “Clouds”, hari keenam adalah “Random Thing”, hari ketujuh adalah “In My Bag”, hari kedelapan adalah “Close Up”, hari kesembilan adalah “Animal”, hari kesepuluh adalah “Family Member”, hari kesebelas adalah “Plant”, hari keduabelas adalah “B&W Random Things”, hari ketigabelas adalah “Blur Photo”, dan tema foto untuk hari terakhir adalah “Sky”. Foto-foto tersebut dapat diposting melalui Instagram Story dengan me-mention akun Instagram @fotografiupnyk dan @ukm_seni serta mencantumkan tagar #lightshoot14dayschallenge #day1, #day2, #day3, dan seterusnya yang menunjukkan foto tersebut merupakan tantangan hari keberapa.

“Di poster yang kami buat sudah ada ketentuan perharinya partisipan ditantang untuk foto apa. Jadi perharinya partisipan harus mengupload foto yang berhubungan dengan ketentuan yang sudah tertulis dengan sekreatif mungkin. Jangan lupa juga mention akun Instagram @fotografiupnyk dan @ukm_seni, setelah itu akun Instagram kami akan memposting ulang foto tersebut.” Ujar Alfa, selaku ketua sub unit fotografi.

Ia menambahkan kegiatan #14DAYSCHALLENGE ini merupakan kegiatan yang diadakan oleh pengurus harian organisasi sub unit fotografi. “Jadi di kepengurusan kami itu ada divisi yang namanya Content Planner, yang tugasnya merencanakan segala kegiatan berbasis online selama pandemi ini. Divisi ini sebenarnya dulu namanya “Litbang” atau singkatan dari latihan dan pengembangan. Tetapi karena keterbatasan ini kami jadi tidak bisa latihan seperti biasanya dan mengharuskan kami untuk membuat kegiatan secara online via Instagram.

Dalam pelaksanaan Challenge Online ini, partisipan dapat mengikuti kapan saja. Dalam artian challenge ini tidak ada batasan waktu yang menentukan kapan partisipan harus memulai dan kapan partisipan bisa mengakhirinya. Yang terpenting adalah partisipan dapat memenuhi tantangan tersebut setiap harinya hingga hari keempatbelas. Dengan adanya challenge online ini, Alfa berharap masyarakat dapat terhibur serta dapat mengobati kejenuhannya selama di rumah saja.