LAUNCHING DIES NATALIS KE-66, UPN VETERAN YOGYAKARTA GELAR PENTAS WAYANG KULIT

  • Senin 30 September 2024 , 10:49
  • Oleh : Dewi
  • 354
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta
UPN Veteran Yogyakarta membuka rangkaian acara Dies Natalis ke-66

Yogyakarta_ Dalam rangka launching atau peluncuran Dies Natalis ke-66 dan Literasi Digital tahun 2024, Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta mengadakan Pagelaran Wayang Kulit di Lapangan Depan Gedung Rektorat UPN Veteran Yogyakarta Ring Road Utara Condongcatur, Depok, Sleman pada Sabtu 28 September 2024 mulai pukul 19.00 sampai selesai.

Pagelaran wayang kulit dengan lakon Banyu Suci Perwitosari ini menampilkan duet dua dalang yakni Ki Catur Kuncoro dan Ki Bambang Asmoro.

Prof. Dr. Mohamad Irhas Effendi, M.Si selaku Rektor UPN Veteran Yogyakarta menyampaikan apresiasi kepada panitia yang telah sukses menggelar kegiatan pagelaran wayang kulit.

“Terimakasih panitia Dies Natalis ke 66 atas kerja kerasnya dalam mensukseskan acara ini. Kita patut bangga karena masih bisa melestarikan seni tradisional melalui wayang kulit, yang merupakan bagian tak terpisahkan dari warisan budaya bangsa,”, terang Rektor UPN Veteran Yogyakarta saat membuka acara Dies Natalis ke 66.

Rektor UPN Veteran Yogyakarta menambahkan bahwa dalam era digital ini, literasi digital menjadi sangat penting. Kita perlu memadukan tradisi dengan teknologi agar kita tetap relevan dan dapat berkontribusi di kancah global. Melalui pertunjukan ini, saya harap kita bisa bersama-sama belajar dan meresapi nilai-nilai yang terkandung dalam wayang kulit, sambil terus mengeksplorasi dunia digital.

“Mari kita rayakan Dies Natalis ke 66 UPN Veteran Yogyakarta, ini dengan semangat kolaborasi dan kreativitas. Semoga kegiatan ini tidak hanya menjadi hiburan, tetapi juga sarana edukasi yang membangun karakter dan kebangsaan kita,” terang Rektor.

Frans Richard Kodong ST M.Kom PhD, selaku Ketua Panitia Dies Natalis ke-66 menyampaikan melalui kegiatan ini, UPN Veteran Yogyakarta sebagai kampus bela negara berkomitmen dalam melestarikan budaya local. Wayang kulit merupakan salah satu warisan budaya yang begitu berharga.

“Kegiatan ini merupakan gabungan tradisi dan teknologi. Ini merupakan salah satu Langkah mempersiapkan mahasiswa menghadapi perkembangan zaman. Dalam pertunjukan ini wayang memiliki nilai-nilai Pendidikan yang bisa diambil, seperti kebijakan, kejujuran dan keberanian, hal ini sejalan dengan tujuan kampus bela negara,” terang Ketua Dies UPN Veteran Yogyakarta ke 66.

Ia berharap ajang Istimewa ini dapat dapat meningkatkan interaksi antara civitas akademika, masyarakat dalam memperkuat hubungan sosial.