LIMA PKM UPNVY, SIAP BERSAING DI PIMNAS 2019

  • Sabtu 17 Agustus 2019 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1256
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman-Lima judul Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) siap bersaing di Pekan ILmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-32 yang akan digelar di Udayana Bali pada tanggal 27-31 Agustus 2019. Lima judul yang lolos adalah hasil 12 PKM yang lolos dari Monitoring dan Evaluasi (Monev) yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti. Untuk mendukung kegiatan PKM ke Pimnas, bagian kemahasiswaan UPNVY memberikan pendampingan ke lima tim PKM pada hari Senin – Selasa, di Hotel Griya Persada Jl. Boyong Pakem Yogyakarta.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Ir. Singgih Saptono, M.T mengatakan mengapresiasi kepada lima tim PKM UPNVY yang berhasil lolos ke tahap final di PIMNAS yang akan di gelar di Udayana, Bali. Lima PKM yanag lolos ke PIMNAS yaitu 1 tim PKMM (Program Kreatifitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat) 1 tim PKMK (Program Kreatifitas Mahasiswa Kewirausahaan) dan 3 tim PKMPE (Program Kreatifitas Masyarakat Pengembangan Ekonomian ).

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan menambahkan pada  tahun 2019 ini, UPNVY mengirimkan sebanyak 140 proposal PKM. Dari jumlah tersebut hanya 12 proposal yang lolos memperoleh dana hibah dari program Dikti. Setelah melalui tahapan seleksi monitoring dan evaluasi, terdapat 5 tim PKM UPNVY yang dinyatakan layak untuk bersaing dalam PIMNAS 2019.

“Saya berharap tahun depan PKM UPNVY yang lolos ke PIMNAS mengalami kenaikan dibandingkan tahun sekarang dan semoga kegiatan PKM ini dapat  membuka peluang kreatifitas bagi mahasiswa dalam kegiatan Ilmiah.

Kepala bagian kemahasiswaan  Drs. Mursito, M.M mengatakan untuk menghadapi PIMNAS, UPNVY melakukan berbagai upaya terhadap 5 tim PKM yang lolos ke PIMNAS. Upaya UPNVY kepada 5 tim PKM yang lolos ke PIMNAS yaitu memberikan pembekalan serta pelatihan soft skill dan hard skill di Hotel Griya Persada, Jl. Bayong Pakem Kaliurang Yogyakarta, pada 19-20Agustus 2019 dengan mendatangkan dua narasumber dari UGM yaitu Dr. Sumayono, M.Si dan Dr. Med dr. Indwiaini Astuti.

“Kita persiapkan lima tim PKM yang lolos ke PIMNAS agar lebih siap  menghadapi PIMNAS dan saya berharap lima tim PKM yang lolos ke PIMNAS dapat hasil yang maksimal.” tambah Mursito.

Berikut 5 judul PKM UPNVY yang lolos ke PIMNAS:

  1. Rekayasa mesin “gonjang ganjing" penggoyang wijen pada home industry onde-onde di gaduhan bantul.
  2. Sekolah rakyat serdadu kumbang sebagai wadah pengembangan karakter milenials di lingkungan pasar kembang.
  3. Analisis perkuatan lereng tanah dengan gabion system sebagai usaha preventif terhadap longsor.
  4. Analisa kerentanan dinding bendungan gajah mungkur wonogiri menggunakan metode mikroseismik.
  5. Potensi keberadaan endapan emas menggunakan metode geomagnetik dan induced polarizzation.

Humas/Dewi