UPNVY GELAR UPACARA BENDERA MEMPERINGATI 17 AGUSTUS 2019

  • Senin 19 Agustus 2019 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1931
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman-UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) menggelar upacara bendera, memperingati HUT ke-74 Republik Indonesia Tahun 2019. Upacara ini sekaligus bersamaan dengan penutupan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara (PKK-BN) 2019 yang dilaksanakan dari tanggal 12-17 Agustus. Upacara ini diikuti oleh ribuan dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa baru, Sabtu 17 Agustus 2019.

Dalam upacara ini Rektor UPNVY Dr. Irhas Effendi, MS selaku pembina upacara membacakan sambutan dari Menteri Ristekdikti yang berbicara mengenai subtema memperingati Hari Ulang Tahun Ke 74 Republik Indonesia Tahun 2019 dengan tema “SDM UNGGUL, INDONESIA MAJU”.

“Peringatan HUT Ke-74 RI Tahun 2019 harus dimaknai sebagai momen pemersatu bangsa dan kita memiliki kewajiban untuk mempertahankan serta mengembangkan hasil kemerdekaan tersebut. Kemerdekaan harusnya membuat kita berbuat lebih untuk bangsa dan negara Indonesia,” kata Muhamad Nasir dalam sambutannya.

Lebih lanjut ia memaparkan, pembangunan sumber daya manusia menjadi kunci keberhasilan dan kesuksesan Indonesia di masa depan. Sumber daya manusia Indonesia harus unggul dalam segala bidang sehingga dapat bersaing secara global, terlebih ketika memasuki era industry 4.0. Kita sadar bahwa kemajuan industri yang berjalan di Indonesia tidak cukup hanya dengan infrastruktur, akan terapi harus didukung dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia, dan peningkatan kualitas SDM dapat ditempuh dengan perbaikan pendidikan untuk menjalankan kemajuan teknologi seiring kemajuan industry 4.0.

“Dalam menciptakan SDM yang unggul Perguruan Tinggi harus tampil sebagai garda terdepan dalam mencetak SDM yang unggul dan kompetitif di masa datang. Satu hal yang harus ditempuh adalah selalu meningkatkan kualitas SDM perguruan tinggi serta menyiapkan diri agar mampu beradaptasi untuk mencapai keberhasilan dalam membangun bangsa. Jangan terlalu cepat puas dengan capaian dan kompetensi yang kita miliki dan terlena dengan zona nyaman,” tambah Nasir.

“Dalam meningkatkan “SDM Unggul Indonesia Maju, UPN “Veteran” Yogyakarta memberikan penganugrahan tanda kehormatan Satyalancana Karya kepada 13 PNS UPNVY yang diberikan dari Presiden Republik Indonesia. Berikut 13 PNS yang mendapatkan gelar Satyalancana yaitu Dr. Arief Subyantoro,MS,  Dr. I Ketut Nama, MS, Ir. Dyah Arbiwati, MP,  Dr. Ir. Miseri,MP, Dr. Drs. Haddy Suprapto, M.Si, Drs Sudarman,MM, Ir. Ni Made Suyastiri Yani Permai, MP, Dr.Ir. Yosaphat Sumantri, MT, Dr. Ir. Barlian Dwi Nagara, MT, Ir. Darban Haryanto, MP, Dra Sri Wahyu Murni, MT, Isbandi, S.Sos, M.Si dan Hidayatullah Himawan, ST,MM,M.Eng.

 “Upaya strategis dan operasional yang kita lakukan menuju era revolusi industry 4.0 antara lain adalah memperbaiki rasio dosen-mahasiswa, meningkatkan internasionalisasi, meningkatkan sitasi dan impak dari riset, meningkatkan jumlah dosen dengan gelar doktor dan memperbanyak kolaborasi riset dengan industri,” jelas Rektor UPNVY.

Rektor UPNVY menambahkan, dengan tantangan dunia saat ini UPNVY harus terus menyesuaikan kurikulum dan meningkatkan kapasitas mahasiswa agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan industri serta mendatangkan kemanfaatan dalam menyelesaikan permasalahan bangsa.

Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, ia mengajak segenap sivitas akademika UPNVY untuk bekerja lebih keras dan konsisten, melakukan kolaborasi yang efektif secara internal dan eksternal, serta sigap melihat dinamika perubahan lingkungan.

“Mari kita tata lanjut strategi dan organisasi UPNVY, kita satukan energi, bergandengan tangan demi  mewujudkan sumber daya manusia yang unggul dan Indonesai maju,” tambah Rektor .

Humas/Dewi