Magister Ilmu Ekonomi UPNYK Adakan Kunjungan Studi ke Singapura

  • Senin 30 Oktober 2023 , 08:29
  • Oleh : Dewi
  • 639
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta
Mahasiswa Magister Ilmu Ekonomi saat kunjungan ke Master of Economics Program NUS. Sumber: Pribadi

INFOUPNYK - Sebanyak 14 mahasiswa Magister Ilmu Ekonomi (MIE) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNYK) bersama dengan tiga orang dosen melakukan kunjungan studi (study visit) ke National University of Singapore (NUS) dan Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura. Acara ini berlangsung dari tanggal 11 hingga 14 Oktober 2023.

Sebagai informasi kunjungan studi ini terdiri dari tiga agenda, antara lain pertemuan dengan Master of Economics Program NUS, pertemuan dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia dis NUS (PINUS), dan ditutup dengan pertemuan bersama KBRI Singapura.

Pada pertemuan dengan Master of Economics Program of NUS, rombongan Magister Ilmu Ekonomi UPNYK berdiskusi dengan pihak pengelola dan mahasiswa program Master of Economics di NUS. Diskusi melibatkan Associate Prof. Zeng Jinli, selaku Direktur Master of Economics Program NUS dan Associate Prof. Sorawoot Srisuma, selaku Direktur program penelitian, serta beberapa mahasiswa Master of Economics Program NUS. Acara dimulai dengan pemaparan tentang program Magister Ilmu Ekonomi UPNYK yang disampaikan oleh Dr. E. Diah Lufti Wijayanti, SE, MSi, selaku Koordinator Program Studi Magister Ilmu Ekonomi UPNYK, dan dilanjutkan dengan pemaparan tentang NUS dan program Master of Economics oleh Direktur program Master of Economics NUS.

NUS menduduki peringkat pertama dalam QS World Universities Ranking by Region (Asia) tahun 2024 dan peringkat kedelapan dalam QS World Universities Ranking 2024 secara global. Kunjungan ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan mahasiswa dan pengelola program studi Magister Ilmu Ekonomi UPNYK dalam meningkatkan kualitas akademik, yang mencakup pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Selain itu, kunjungan ini juga diharapkan dapat mendorong kolaborasi akademik dengan NUS guna meningkatkan Indikator Kinerja Utama (IKU) UPNYK.

Agenda kunjungan studi berikutnya adalah Pertemuan dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia NUS (PINUS). Pada pertemuan ini, dilakukan sesi berbagi informasi terkait peluang studi di luar negeri, peluang penelitian, kehidupan mahasiswa, fasilitas kampus, perumahan mahasiswa, masalah keuangan, dan proses penerimaan mahasiswa.

Rangkaian kunjungan studi tersebut ditutup dengan agenda kunjungan di KBRI Singapura yang dihadiri oleh I Gusti Agung Ketut Satrya Wibawa, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Singapura. Diskusi dan sesi berbagi informasi berfokus pada "Peran perguruan tinggi dalam mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) terkait Pendidikan Berkualitas". Kolaborasi yang akan dihasilkan dari kunjungan ini bertujuan untuk mengintegrasikan Pendidikan Berkualitas sesuai dengan tujuan SDGs ke dalam kurikulum Magister Ilmu Ekonomi serta menciptakan kolaborasi akademik antara UPNYK dan KBRI Singapura.

Kunjungan studi ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan kerja sama akademik antara UPNYK dan lembaga pendidikan dan organisasi terkait, serta mendukung peningkatan kualitas pendidikan dan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

Diah Lufti Wijayanti, Koordinator Program Studi Magister Ilmu Ekonomi UPNYK, mengatakan, agenda kunjungan studi ke Singapura menjadi pembuka wawasan baru bagi mahasiswa Magister Ilmu Ekonomi UPNYK, lebih jauh lagi agenda ini diharapkan akan menjadi tolok ukur untuk peningkatan kualitas pendidikan dan kerjasama yang berkelanjutan antara institusi.

"Kunjungan ini memberikan peluang berharga bagi mahasiswa Magister Ilmu Ekonomi UPNYK untuk belajar dari salah satu universitas terkemuka di dunia. Kami berharap bahwa kolaborasi ini akan membawa manfaat besar dalam peningkatan kualitas pendidikan dan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan." pungkasnya.