Mahasiswa Mapala UPNVY, Ekspedisi ke NTT

  • Jumat 28 Juni 2019 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1590
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_Organisasi Mahasiswa Mapala Pecinta Alam UPN “Veteran” Yogyakarta (Mapala UPNVY) akan menyelenggarakan kegiatan Ekspedisi ke Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 17 Juli 2019. Ekspedisi ini akan terbagi menjadi dua yaitu ekspedisi eksplorasi “Pesona Alam NTT” yang nantinya akan mengeksplorasikan  penelitian mengenai goa-goa dan air kars yang ada di NTT. Ekspedisi yang kedua yaitu bhakti social. Mapala UPNVY akan membagi  1.000 buku ke warga NTT. Lokasi ekspedisi yang akan dikunjungi ada empat desa yaitu Kampung Tarung, Kampung Prai Ijing, Desa Anapalu dan Kampung Adat Pasunga.

Dr. Ir. Singgih Saptono, MT selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama mengatakan mengapresiasi kegiatan Ekspedisi Mapala UPNVY ke NTT, karena kegiatan ini merupakan salah satu wujud implementasi penanaman nilai-nilai Bela Negara. Bela Negara adalah salah satu ciri khas UPNVY yang tidak dimiliki oleh Universitas lain di seluruh Indonesia.

“Kami senang dan bangga, karena UPNVY hadir dalam masyarakat diwakili oleh Mapala UPNVY.” Tambah Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan.

Stefanus Feby Nugroho, selaku ketua Mapala UPNVY mengatakan NTT merupakan tanah Indonesia yang memiliki kaya keanekaragaman budaya. Kami sebagai mahasiswa tergugah ingin mengenalkan keindahan keanekaragaman budaya secara lebih dekat. Kegiatan Ekspedisi NTT merupakan wujud nyata Mapala UPNVY dalam mengaplikasikan tanggung jawab Perguruan TIngi yaitu Tri Dharma Perguruan Tingi yang berisikan Pendidikan dan Pengajaran Penelitian dan Pengembangan serta Pengabdian Masyarakat.

“Kami berharap bisa berkonstribusi untuk Indonesia lewat kegiatan ekspedisi, semoga hasil kegiatan ekspedisi ini dapat mengungkapkan lebih banyak  keindahan alam NTT dan hasil penelitiannya dapat bermanfaat untuk lembaga yaitu kampus  tercinta “Kampus UPN “Veteran” Yogyakarta” dan dapat bermanfaat  untuk Indonesia,” Lanjutnya.

Setelah kegiatan ini, Mapala UPNVY akan mengelar pameran dari hasil penelitian mengenai hasil kegiatan eksplorasi di NTT. Humas/dewi