Mahasiswi UPN Veteran Yogyakarta Raih 6 Medali di PON XXI Aceh-Sumut 2024

  • Senin 23 September 2024 , 02:50
  • Oleh : Dewi
  • 47
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

YOGYAKARTA - Mahasiswi Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta, Eka Triana berhasil mencatatkan prestasi gemilang dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang berlangsung di Aceh dan Sumatera Utara pada 7-20 September 2024. Mahasiswia dari Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis angkatan 2024 tersebut, mewakili Provinsi Jawa Tengah pada Cabang Olahraga (Cabor) Drumband.

Dalam ajang olahraga nasional tersebut, Eka berhasil memboyong dua medali perunggu dan empat medali perak. 

Saat dijumpai Tim Humas UPN Veteran Yogyakarta, Eka mengungkapkan sejumlah persiapannya menuju PON  XXI Aceh-Sumut 2024. Mempersiapkan kompetisi sembari menempuh perkuliahan tentu menjadi tantangan tersendiri bagi Eka. 

Terlebih, Eka harus melakukan karantina di Kota Semarang, Jawa Tengah selama masa persiapan PON. Meskipun mendapatkan dispensasi dari perkuliahan, ia tetap berusaha menjaga tanggung jawab akademisnya dengan aktif memantau tugas dan kegiatan kampus secara daring.

"Kuncinya adalah aktif bertanya dan berkomunikasi dengan dosen melalui WhatsApp, serta memantau grup kelas. Saya harus pintar membagi waktu antara latihan intensif untuk PON dan kewajiban akademis," ungkap Eka.

Untuk mencapai prestasi yang gemilang ini, Eka menerapkan strategi dengan fokus mengikuti instruksi pelatih dan berlatih dengan dedikasi penuh. Eka menceritakan bahwa salah satu momen tak terlupakan adalah saat penampilan perlombaan, di mana rasa euforia dan semangat bertarungnya jauh lebih besar dari yang ia bayangkan. 

"Saat di lapangan, jiwa petarung saya keluar lebih kuat, dan hasilnya melebihi target yang saya harapkan. Saya sangat bangga karena telah berjuang habis-habisan dan berhasil menjadi juara," kenang Eka.

Prestasi yang diraih Eka tidak lepas dari dukungan penuh kedua orang tuanya dan peran pelatih. Eka juga menyampaikan terima kasih kepada Dosen UPN Veteran Yogyakarta yang telah memberikan izin dan dukungan penuh selama masa karantina hingga selesainya kompetisi PON.

Bagi Eka, motivasi terbesarnya adalah membanggakan kedua orang tua serta menghargai kerja keras yang telah ia lakukan selama bertahun-tahun dalam latihan.

"Berusahalah semaksimal mungkin, jangan mudah menyerah, dan fokuslah pada tujuan. Selalu berdoa kepada Allah SWT karena tanpa-Nya, kita bukan apa-apa. Lakukan semuanya dengan ikhlas dan sabar," tutup Eka.

Semoga prestasi ini dapat menginspirasi mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi, baik di bidang akademik maupun nonakademik, dan terus membawa nama baik almamater UPN Veteran Yogyakarta.

Berikut sejumlah prestasi yang berhasil diraih Eka dalam (Cabor) Drumband di PON XXI Aceh-Sumut 2024. 

  • Medali Perunggu pada Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP) Putri 400 meter
  • Medali Perunggu pada Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP) Campuran 800 meter
  • Medali Perunggu pada Lomba Ketahanan dan Ketepatan Berbaris (LKKB) Putri 6.000 meter
  • Medali Perunggu pada Lomba Ketahanan dan Ketepatan Berbaris (LKKB) Campuran 8.000 meter
  • Medali Perak pada Lomba Ketahanan dan Ketepatan Berbaris (LKKB) Campuran 8.000 meter Etape 1
  • Medali Perak pada Lomba Ketahanan dan Ketepatan Berbaris (LKKB) Campuran 8.000 meter Etape 2

Penulis : Listi Rohmah