Paduan Suara Mahasiswa UPNYK "Vocalista Paradisso" Sabet Tiga Medali Emas di Kompetisi Internasional

  • Rabu 29 November 2023 , 03:28
  • Oleh : Admin
  • 820
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta
Penampilan Vocalista Paradisso pada The 6th KICC 2023. Sumber: VP UPNYK

INFOUPNYK - Unit Kegiatan Mahasiswa Paduan Suara Mahasiswa "Vocalista Paradisso" Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNYK) meraih tiga medali emas pada kompetisi The 6th Karangturi International Choir Competition (KICC 2023). Kompetisi internasional ini digelar di Semarang, Jawa Tengah pada tanggal 15-18 November 2023 dengan total peserta sebanyak 59 tim paduan suara.

Vocalista Paradisso membawa 49 orang yang tergabung dalam tim untuk kompetisi KICC 2023 ini. Tim ini berhasil membawa pulang 3 medali emas dalam kategori lomba, antara lain adalah Musica Sacra, Mixed, dan Folklore. Elia Fernando Girsang selaku Wakil Vice Manager dari tim ini mengatakan bahwa untuk membawa pulang tiga medali tersebut ia dan timnya harus menjalani program latihan rutin setiap hari selama 3 bulan beruntun.

"Senang dan lega juga, karena program latihan rutin selama beberapa bulan dari bulan Agustus sampai November ini ternyata membuahkan hasil yang membuat kami bangga, kami berhasil mendapat tiga medali emas dari tiga kategori yang kami ikuti," ujar Elia saat wawancara (29/11/2023).

Elia menambahkan, capaian prestasi Vocalista Paradisso pada KICC 2023 ini dinilai sudah sejalan dengan targetnya di awal, kendati demikian mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi itu mengaku tidak mudah untuk mencapai prestasi tersebut. Hal tersebut lantaran ia bersama timnya harus menyeimbangkan antara latihan rutin di Vocalista Paradisso dan kegiatan akademiknya.

"Harus bisa membagi prioritas karena selain punya tanggung jawab untuk mengikuti latihan rutin, masih ada juga latihan rutin untuk kompetisinya. Intinya harus bisa menyeimbangkan antara perkuliahan dan organisasi, puji Tuhan kami tetap bisa membawa prestasi yang bisa membanggakan Vocalista Paradisso dan almamater UPNYK," ungkapnya.

Tantangan yang sama juga dirasakan oleh anggota Vocalista Paradisso lainnya, Monika Putri Paramita Nugraha mengatakan, antara mengerjakakan tugas perkuliahan dan jadwal latihan paduan suara seringkali terjadi bersamaan. Hal tersebut menjadi pemandangan biasa bagi para anggota Vocalista Paradisso, terutama mendekati KICC 2023.

"Ngerjain tugas itu biasanya sebelum atau sesudah latihan, tapi sering juga disambi di sela-sela latihan. Kalau sedang di masa ujian semester itu tetap latihan menuju KICC 2023 tapi disambi belajar dan mengerjakan tugas," jawab mahasiswa yang akrab disapa Monika itu (29/11/2023).

Keduanya berharap prestasi serupa dapat terus menjadi motivasi untuk mahasiswa UPNYK terutama anggota Vocalista Paradisso dalam mengharumkan nama almamater UPNYK. Tentunya pihak Rektorat dan jajarannya diharapkan bisa terus memberi dukungan baik secara materiel ataupun non-materiel.

Untuk diketahui, KICC 2023 merupakan kompetisi paduan suara yang diselenggarakan oleh Karangturi National School. Pertama kali diadakan pada tahun 2011 dan naik menjadi kompetisi internasional pada gelaran kelimanya di tahun 2019. Tahun ini manjadi tahun ke-6 dan diikuti oleh 59 tim dari berbagai kategori.

Sementara Vocalista Paradisso sendiri merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa Paduan Suara Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta yang telah berdiri dan terbuka untuk seluruh mahasiswa UPNYK. Pada kompetisi The 5th KICC 2019, Vocalista Paradisso berhasil meraih Gold Medal dan dua Silver Medal.

Penulis: Dimas Siradje