Perdana, 2 Magister Baru UPNVY Luluskan Wisudawan

  • Sabtu 12 Oktober 2019 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1254
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN – Program Studi Magister Manajemen Bencana dan Magister Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) perdana mewisuda lulusannya pagi ini, Sabtu (12/10). Empat wisudawan Magister Manajemen Bencana mendapatkan gelar MMB, sedangkan dua lulusan Magister Ilmu Komunikasi menyaandang gelar M.I.Kom.

Magister Manajemen Bencana merupakan program studi jenjang S2 dibawah Fakultas Teknologi Mineral. Prodi ini baru saja memperoleh sertifikat akreditasi Badan Akreditasi Nasional (BAN PT) pada tanggal 9 April 2019 lalu dengan nilai B. Sedangkan Magister Ilmu Komunikasi merupakan prodi dibawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (UPNVY) dengan akreditasi B melalui ketetapan BAN PT pada tanggal 20 Agustus 2019.

Meskipun cenderung prodi baru, namun kontribusi keduanya sudah dirasakan di masyarakat. Mahasiswa Magister Manajemen Bencana suadah berperan dalam menangani resiko bencana yang terjadi di Indonesia.

“Mahasiswa selama ini terrlibat pada pelatihan dan pembentukan  Desa Tangguh Bencana di Bali, Jatim Jateng dan DI Yogyakarta. Terlibat pada penanganan darurat bencana di Sulawesi Tengah.” Jelas Eko teguh Paripurno, Koorprodi Magister Manajemen Bencana.

Selama menjadi mahasiswa, kata ET sapaan akrab Eko mereka dibekali kompetensi manajemen pra bencana termasuk manajemen pencegahan, manajemen risiko, dan manajemen mitigasi.

Mahasiswa dibekali juga manajemen saat bencana berupa manajemen kesiapsiagaan dan manajemen kedaruratan serta dan pasca bencana (rehabilitasi dan rekonstruksi).

“Beberapa waktu lalu kami mendapatkan penghargaan dari Sekda Sulawesi Tengah atas kontribusi UPNVY dalam penanganan pasca bencana di Sulteng.” Ujar ET. (wwj/humas)