Peserta UTBK di UPNVY Ikuti Protokol Covid-19 Dengan Tertib

  • Senin 06 Juli 2020 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1631
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN - Peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 ikuti protokol pencegahan Covid-19 dengan tertib saat melaksanakan ujian di Gedung Pattimura, Fakultas Teknik Industri UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY), Minggu (5/7).

Dengan mengenakan masker, mereka tiba sekitar pukul tujuh pagi atau dua jam sebelum ujian dimulai. Memasuki area ujian mereka diwajibkan untuk mengukur suhu badan, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak.

Selain masker para peserta juga membawa handscoon (sarung tangan) dan faceshiled. Mereka juga membawa surat keterangan sehat yang diterbitkan oleh fasilitas kesehatan masyarakat.

“Saya membawa masker, sarung tangan dan face shield saat ujian sesuai dengan ketentuan yang diminta. Saya juga membawa hand snitizer.” Kata Anisa Khoriyah, peserta UTBK asal Kebumen, Jawa Tengah saat ditemui di Ruang Tunggu.

Meskipun harus berkendara selama sekitar dua jam dari tempat tinggal, alumni SMA Negeri 1 Prembun mengatakan tetap memilih lokasi pusat UTBK UPNVY.

“Ada kota yang lebih dekat tapi disana tidak ada saudara. Kalau di Jogja ada kakak.” Ujarnya.

Begitupula dengan Muhammada Rangga Adikusuma, peserta UTBK asal Tegal Jawa Tengah. Sejak hari Jumat ia sudah tiba di Yogyakarta untuk menyiapkan test UTBK.

“Kebetulan kakek nenek saya tinggal di Yogyakarta jadi saya memilih lokasi test disini.” Ujar alumni SMA Negeri 1 Tegal tersebut.

Pada test UTBK – SBMPTN kali ini ia memilih Program Studi Teknik Perminyakan UPN “Veteran” Yogyakarta sebagai pilihan pertama dan Program Studi Tata Wilayah Kota di UGM.

Rangga mengaku tidak ada persiapan khusus mengikuti test kali ini. Ia hanya belajar dari soal-soal yang ada di internet.

“Semoga lolos SBMPTN, tapi seandainya gagal saya akan mencoba jalur seleksi mandiri yang ada di PTN.” Akunya.

Pada test UTBK di UPNVY hari ini diikuti sekitar 300 peserta yang melakukan test di sesi 1 yaitu pada pukul 09.30 – 11.15 WIB dan sesi siang pukul 14.30 – 16.15 WIB.

“Usai ujian di setiap sesi semua ruang dan komputer dibersihkan dengan cairan disenfektan. Petugas kami sudah menyiapkan semuanya.” Kata Kasubbag Kerjasama dan Humas UPNVY, Markus Kusnardijanto saat ditemui dilokasi ujian.

Markus menambahkan para peserta diwajibkan mengenakan pakaian lengan panjang dan patuh mengikuti aturan protokol pencegahan Covid-19. Para pengawas dan tenaga medis juga menggunakan APD.

Aturan ini, kata Markus sesui dengan anjuran dari LTMPT, rekomendasi Gugus Covid-19 UPNVY dan Dinas Kabupaten Sleman.

“Kami ingin peserta maupun panitia kembali kerumah dengan sehat dan tidak ada cluster Covid baru.” Katanya.

Test UTBK di UPNVY akan dilakasanakan hingga Senin (13/7), dengan total peserta sekitar 2500 orang. (wwj/humas)