PROGRAM STUDI TEKNIK KIMIA UPNVY, GELAR SEMINAR NASIONAL

  • Kamis 25 April 2019 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1148
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman - Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknik Industri (FTI) UPN “Veteran” Yogyakarta menyelenggarakan seminar nasional dengan tema “Pengembangan Teknologi Kimia untuk Pengolahan  Sumber Daya Alam Indonesia, Kamis (25/4) di Grand Quality Hotel Yogyakarta. Kegiatan seminar nasional ini, menghadirkan dua pembicara yaitu Prof. R. Sjarief Wijaya, Ph.D, FRINA dari Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia dan Haris, S.T., M.T dari Direktorat Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan.

Ir. Endang Sulistyawati, M.T selaku ketua pelaksana acara seminar nasional mengatakan kegiatan ini digelar setiap tahun secara rutin oleh Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknik Industri UPN “Veteran” Yogyakarta.

“Saat ini merupakan penyelenggaraan kegiatan yang ke-19. Hasil dari seminar ini akan dimuat dalam Prosiding Seminar Nasional Teknik Kimia “Kejuangan” 2019 dengan Nomor ISSN 1693-4393,” tambah Endang.

Pada seminar ini kami mencoba mengangkat topik pemanfaatan sumber daya laut Indonesia terbarukan dan tidak terbarukan. Oleh karena itu, kami panitia mengundang dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral serta Kementerian Kelautan dan Perikanan, Republik Indonesia. Dengan harapan untuk mendapatkan arah kebijakan pemerintah terkait dengan pengelolaan sumber daya laut terbarukan dan tidak terbarukan, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan efektivitas hasil penelitian pada bidang kajian yang relevan, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Pada seminar ini panitia telah menerima 85 abstrak dan telah di-review. Sedangkan jumlah makalah yang akan dipresentasikan  sebanyak  68 makalah dan terdistribusi dalam 11 bidang kajian. Makalah-makalah tersebut berasal dari beberapa perguruan tinggi, lembaga penelitian, dan instansi pemerintah yang berasal dari beberapa wilayah antara lain Provinsi DIY, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, dan Kalimantan Selatan,” tambah dosen Teknik Kimia.

Rektor UPN “Veteran” Yogyakarta Dr. Irhas Effendi, M.S mengatakan seminar merupakan salah satu sarana penyebarluasan hasil-hasil penelitian dan kajian yang dilakukan oleh berbagai pihak untuk saling tukar menukar informasi dalam rangka peningkatan peneliti, pengembangan pendidikan tinggi, dan untuk kepentingan industri. Selain itu, seminar juga diharapkan terjadi komunikasi antara dunia industri dan perguruan tinggi serta lembaga-lembaga penelitian.

Rektor berharap hasil riset nantinya dapat berguna bagi pembagunan nasional.  Selain itu perguruan tinggi harus meningkatkan jumlah penelitian dan melakukan pengembangan berbagai inovasi guna untuk meningkatkan pembangunan nasional. Humas/dewi