Rektor Ajak Sivitas UPNVY Optimis Sambut Ramadhan

  • Kamis 23 April 2020 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1537
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN - Bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa bagi umat muslim di seluruh dunia, karena di bulan inilah semua amalan kebaikan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Suasana ramadhan tahun ini berbeda dibandingkan tahun sebelumnya atau sepanjang perjalanan Ramadhan yang dilalui umat muslim. Tahun ini kita harus melalui semua aktfitas dengan kondisi yang terbatas karena situasi pandemi covid-19.

Untuk itu dalam keadaan serba terbatas ini hendaknya kita jangan sampai lalai. Lalai dalam menunaikan kewajiban kita sebagai hamba maupun sebagai sesama umat manusia dan warga negara. Demikian disampaikan Rektor UPN “Veteran” Yogyakarta, Mohamad Irhas Effendi dalam sambutan menjelang Ramadhan melalui sosial media, Kamis (23/4).

Dalam kesempatan tersebut Rektor mengajak sivitas akademika dan para pegawai UPN “Veteran” Yogyakarta untuk menjalankan ibadah di rumah. Langkah ini menurutnya merupakan bagian dari salah satu ikhtiar sebagai hamba dan juga sebagai warga negara dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.

“Mari berdoa untuk kebaikan pribadi, keluarga, masyarakat dan bangsa.” ujarnya.

Saat ini, kata Rektor kita sedang diuji dengan musuh yang abstrak, tidak nampak namun berdampak. Saatnya sebagai bangsa Indonesia membuktikan kembali dengan memperkuat solidaritas dan aling membantu sesuai kemampuan.

Rektor mengatakan UPNVY melalui Pusat Studi Manajemen Bencana sudah membentuk tim gugus tugas pencegahan covid-19. Tim ini melakukan program dukungan pembelajaran daring, dukungan kebutuhan dasar, dukungan peningkatan kapasitas unit pelayanan kesehatan, dan dukungan peningkatan ketangguhan desa – mitra tanggap covid-19.  Tim juga memberikan dukungan dalam bentuk bantuan kepada para mahasiswa yang membutuhkan.

Begitupula Badan Ekskutif Mahasiswa, Himpunan Mahasiswa dan Organisasi Kemahasiswaan bergandengan tangan menggalang aksi solidaritas mulai dari dukungan terhadap tenaga medis, masyarakat dan lain sebagainya.

Untuk itu ia mengajak agar tunas solidaritas serupa juga ditumbuhkan di lingkungan tempat tinggal sivitas akademika dan para pegawai UPNVY.

“Bantulah keluarga, tetangga dan handai taulan yang membutuhkan. Jadikan ini sebagai jalan untuk mencapai kualitas keshalihan individual maupun keshalihan sosial untuk meningkatkan derajat ketaqwaan kita di mata Allah SWT.” pesannya.

Ia juga berpesan agar sivitas akademika dan para pegawai UPNVY menjalani ibdah Ramadhan dengan optimis dan suka cita.

“Jadikan pandemi bagian ujian dari Allah SWT kepada hambanya agar kembali kepadanya. Dekatkan diri kepada tuhan dengan memperbanyak ibadah dan berdoa. Yakinlah dengan segala ikhtiar dan usaha yang kita lakukan, tuhan akan menjawab doa kita.” pesannya. (wwj/humas)