UPNVY GELAR UPACARA BENDERA PERINGATI HARI GURU NASIONAL

  • Senin 25 November 2019 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1464
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_ UPN “Veteran” Yogyakarta gelar upacara bendera memperingati Hari Guru Nasional. Peringatan Hari Guru Nasional diikuti oleh ribuan dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa. Upacara bendera digelar di lapangan upacara UPN “Veteran” Yogyakarta, Senin (25/10/2019).

Wakil Rektor Bidang Akademik UPN “Veteran” Yogyakarta, Dr Suharsono, MT yang bertindak sebagai pembina upacara membacakan sambutan dari Menteri Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan tema “Peran Strategis Guru dalam Mewujudkan SDM Indonsia Unggul”.

Biasanya tradisi Hari Guru dipenuhi oleh kata-kata inspiratif dan retorik. Mohon maaf, tetapi hari ini pidato saya akan sedikit berbeda. Saya ingin berbicara apa adanya, dengan hati yang tulus, kepada semua guru di Indonesia dari Sabang sampai Merauke”. ” kata Nadiem Anwar Makarim dalam sambutannya.

Dalam sambutannya, Nadiem berjanji tidak akan memberikan janji kosong kepada ratusan guru. Ia juga menyampaikan rasa simpatinya kepada guru seluruh Indonesia karena tugas mulia yang mereka emban diikuti aturan-aturan yang justru menyulitkan tugas mereka.

Selain itu, Nadiem mengatakan bahwa tugas admintrasi yang ditugaskan kepada guru menghambat mereka untuk membantu para murid yang mengalami ketertinggalan di kelas. Kurikulum yang terlalu padat dan kurangnya kepercayaan untuk berinovasi dinilai Nadiem dapat menghambat guru untuk berkarya demi kesuksesan anak didiknya.

Ia mengatakan tidak akan memberi janji-janji kosong kepada seluruh guru di Indonesia, serta akan tetap berjuang untuk kemerdekaan belajar di Indonesia. Ia juga meminta para guru untuk melakukan perubahan kecil di kelas tanpa menunggu perintah.

Masih dalam pidatonya, Nadiem mengatakan perubahan kecil terus bisa dilakukan dengan cara berikut:

1.      Mengajak kelas berdiskusi, bukan hanya mendengar.

2.      Memberikan kesempatan kepada murid untuk mengajar di kelas.

3.      Mencetuskan proyek bakti sosial yang melibatkan seluruh kelas.

4.      Menemukan suatu bakat dalam diri murid yang kurang percaya diri.

5.      Menawarkan bantuan kepada guru yang sedang mengalami kesulitan

"Apa pun perubahan kecil itu, jika setiap guru melakukannya secara serentak, kapal besar bernama Indonesia ini pasti akan bergerak," tutup Nadiem sebelum memberikan ucapan Selama Hari Guru dalam pidatonya.


Wakil Rektor Bidang Akademik mengatakan dengan tantangan dunia saat ini UPN “Veteran” Yogyakarta harus bekerja lebih keras dan konsisten melakukan kolaborasi yang efektif secara internal dan eksternal serta sigap melihat dinamika perubahan lingkungan.

Mari kita tata lanjut strategi dan organisasi UPN “Veteran” Yogyakarta , kita satukan energi, bergandengan tangan demi kemajuan, khususnya kemajuan dalam bidang pendidikan Indonesia,” kata . bersinergi, bergandengan tangan demi kemajuan Indonesia. Dewi/Humas