Aksi Band Nidji Meriahkan Penutupan PKKBN 2024 UPN Veteran Yogyakarta

  • Sabtu 17 Agustus 2024 , 05:16
  • Oleh : Dewi
  • 1284
  • 4 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

INFOUPNYK – Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta menutup rangkaian Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara (PKKBN) 2024 pada Sabtu (17/08) bertepatan dengan peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia (RI). Penampilan grup band Nidji turut memeriahkan penutupan PKKBN 2024 yang sudah berlangsung selama sepekan sejak Senin (12/08) lalu.

Sebanyak 5.699 mahasiswa baru serta segenap sivitas akademika UPN Veteran Yogyakarta tampak bersemangat menyaksikan penampilan grup band Nidji yang sangat memukau dan enerjik.

Grup band legendaris itu membuka penampilannya dengan membawakan lagu “Disco Lazy Time” yang diikuti oleh sorak-sorai para penonton. Selanjutnya, Ubay dan kawan-kawan menghibur para sivitas akademika UPN Veteran Yogyakarta dengan dereta lagu andalan Nidji, seperti “Arti Sahabat”, “Kau dan Aku”, “Rahasia Hati”, “Sumpah dan Cinta Matiku”, “Laskar Pelangi”, dan sebagainya.

Tak sekadar menghibur, penampilan Nidji juga sarat dengan pesan inspiratif bagi mahasiswa baru UPN Veteran Yogyakarta. Melalui musik, Nidji mengajak para mahasiswa baru untuk tetap bersemangat dalam menggapai cita-cita dan mengejar impian.

Rektor UPN Veteran Yogyakarta, Prof. Dr. Mohamad Irhas Effendi, M.Si., mengungkapkan rasa bangga atas semangat dan antusiasme mahasiswa baru UPN Veteran Yogyakarta selama mengikuti kegiatan PKKBN 2024. Rektor berharap para mahasiswa dapat mempertahankan semangat Bela Negara dan mampu beradaptasi dengan lingkungan kampus dengan baik.

“Tujuan dari PKKBN adalah meningkatkan kemampuan adaptasi kalian semua di kampus UPN Veteran Yogyakarta, dan juga untuk lebih mengenalkan dan menginternalisasikan nilai-nilai Bela Negara, yang nanti akan digunakan untuk proses pembelajaran berikutnya,” ujar Rektor UPN Veteran Yogyakarta saat menutup rangkaian PKKBN 2024, Sabtu (17/08).

Rektor UPN Veteran Yogyakarta Kembali menekankan kepada para sivitas akademika bahwa masa orientasi mahasiswa baru di UPN Veteran Yogyakarta berbeda dengan kampus lainnya, karena mencakup nilai-nilai Bela Negara. Oleh sebab itu, masa orientasi mahasiswa baru di UPN Veteran Yogyakarta dikenal dengan nama Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara.

Tak lupa, Rektor UPN Veteran Yogyakarta mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut menyukseskan kegiatan PKKBN 2024 ini, baik panitia dosen, staf, maupun mahasiswa sehingga dapat berjalan dengan lancar dan tertib.

“Akhirnya dengan mengucapkan Alhamdulillah, kegiatan PKKBN 2024 UPN Veteran Yogyakarta saya nyatakan secara resmi ditutup” tutur Rektor UPN Veteran Yogyakarta sekaligus menandakan kegiatan PKKBN 2024 berakhir.

Dalam kesempatan yang sama, Ir. Indah Widowati, M. P., selaku Ketua Panitia PKKBN 2024 menuturkan bahwa rangkaian acara PKKBN 2024 terselenggara dengan sukses. Kegiatan PKKBN 2024 ini dapat terselenggara atas dukungan semua pihak yang terlibat baik dari dosen, staf, maupun mahasiswa.

“Saya sebagai Ketua Pelaksana PKKBN Tahun 2024 mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada pimpinan, panitia baik dari dosen, staf, maupun semua panitia mahasiswa yang telah mendukung kelancaran dan berjasa atas terselenggaranya kegiatan PKKBN Tahun 2024, sehingga acara PKKBN Tahun 2024 berjalan dengan lancar. Alhamdulillah saya menyimpulkan bahwa kegiatan PKKBN 2024 berjalan sukses,” tutur Ketua PKKBN 2024.

 

Penampilan 11 Mozaik

 

Penutupan rangkaian PKKBN 2024 juga dimeriahkan dengan penampilan 11 mozaik oleh para mahasiswa baru. Sebanyak 11 mozaik tersebut terdiri dari Bendera Merah Putih, logo HUT ke-79 RI, tulisan Nusantara Baru Indonesia Maju, tulisan Jogja Istimewa, logo UPN Veteran Yogyakarta, logo PKKBN 2024, tulisan Pionir Pembangunan, foto Ki Hadjar Dewantara, Buku Jendela Dunia, Toga Wimada 2024, dan Indonesia Emas 2045.

Tercatat, sebanyak 5.966 mahasiswa baru mengikuti PKKBN 2024 yang berlangsung mulai dari Senin (12/07) hingga Sabtu (17/08). PKKBN 2024 diawali dengan Sidang Terbuka Senat yang dihadiri oleh sejumlah tokoh nasional, meliputi Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Dr. Ivan Yustiavandana, S.H., LLM, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Diktiristek), Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris, M.Sc, dan Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H.

Selama PKKBN 2024, mahasiswa baru menjalani sejumlah kegiatan seperti pengenalan Kampus Bela Nega, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Organisasi Kemahasiswaan (OK), pemberian materi, dan kegiatan outbond guna menanamkan dan internalisasi nilai-nilai Bela Negara. Selain penampilan band Nidji, penutupan PKKBN 2024 juga diisi dengan UKM Expo yang diikuti oleh 26 unit UKM di UPN Veteran Yogyakarta lintas bidang peminatan.

Penulis: Ulfa

Editor: Dewi