Gelar Upacara Peringatan HUT Ke-79 RI, UPN Veteran Yogyakarta Perkuat Perjuangan Memajukan Pendidikan

  • Sabtu 17 Agustus 2024 , 02:38
  • Oleh : Dewi
  • 1420
  • 4 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

INFOUPNYK - Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia (RI) pada Sabtu, 17 Agustus 2024 pukul 07.30 WIB. Bertempat di Lapangan Bela Negara, Kampus 1 UPN Veteran Yogyakarta, upacara peringatan HUT ke-79 RI tersebut dihadiri oleh para pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa baru (maba) UPN Veteran Yogyakarta Tahun Akademik 2024/2025.

Bertindak sebagai Pembina Upacara, Rektor UPN Veteran Yogyakarta, Prof. Dr. Mohamad Irhas Effendi, M.Si., menyatakan, UPN Veteran Yogyakarta bertekad untuk memperkuat perjuangan dalam memanjukan pendidikan di Indonesia.

“Kemerdekaan Indonesia adalah buah dari gerakan menuju satu cita-cita bersama. Begitu pun dengan cita-cita untuk memajukan  pendidikan dan kebudayaan, harus kita perjuangkan bersama-sama dengan semangat gotong royong,” ujar Rektor saat membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim dalam Upacara Peringatan HUT Ke-79 RI, Sabtu (17/8).

Rektor melanjutkan, perjuangan memajukan pendidikan di Indonesia tersebut, salah satunya melalui gerakan Merdeka Belajar yang sudah berlangsung selama lima tahun ini. Gerakan Merdeka Belajar merupakan sebuah perjuangan karena program yang diluncurkan pada 2020 ini menjumpai beragam tantangan dalam implementasinya di lapangan.

“Kita melakukan perubahan besar dalam banyak hal, mulai dari sistem, cara kerja, sampai pola pikir. Berbagai tantangan dan kesulitan kita hadapi bersama, dan buah manis dari perjuangan itu juga kita rasakan bersama sekarang,” imbuh Rektor.

Melalui Gerakan Merdeka Belajar, lanjut Rektor, para pelajar dan mahasiswa  mendapat kesempatan untuk mengeksplorasi minat dan potensinya. Selain itu, jutaan lulusan perguruan tinggi telah mendapat peluang pekerjaan yang lebih baik karena memiliki pengalaman mengikuti program Kampus Merdeka.

“Semua ini didukung dengan transformasi digital terbesar dalam sejarah Indonesia, yang telah melahirkan banyak terobosan yang membantu guru dan kepala sekolah menciptakan lingkungan belajar yang berpusat pada murid,” tutur Rektor.

 

Setelah menggelar upacara pada pagi hari, rangkaian peringatan HUT ke-79 RI di UPN Veteran Yogyakarta dilanjutkan dengan peringatan Detik-detik Proklamasi pukul 10.00 WIB. Seluruh rangkaian peringatan HUT ke-79 RI di UPN Veteran Yogyakarta tersebut berlangsung secara hikmat.

 

Paskibra Bela Negara

Sebagai Kampus Bela Negara, UPN Veteran Yogyakarta memiliki Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang berciri Bela Negara yang bertugas pada upacara peringatan HUT ke-79 RI. Paskibra UPN Veteran Yogyakarta terdiri dari 56 mahasiswa baru yang telah diseleksi dari total 140 orang pelamar.  

Ciri khas Paskibra UPN Veteran Yogyakarta yang membedakannya dari sejumlah kampus lain adalah Pasukan 17-8-45 yang melambangkan Hari Kemerdekaan RI. Menariknya, sang Saka Merah Putih dikawal oleh pasukan yang terdiri dari anggota empat UKM berciri Bela Negara, meliputi UKM Resimen Mahasiswa (Menwa), Pramuka, Korps Sukarela (KSR), dan Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala).

Para Paskibra membentk formasi huruf “UPN”. Semua pasukan Paskibra tersebut telah menjalani latihan intensif sejak awal masa penyelenggaraan PKKBN 2024.

 

Penutupan PKKBN 2024

Peringatan HUT Ke-79 RI ini, sekaligus menjadi momentum penutupan rangkaian Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara (PKKBN) 2024, yang berlangsung mulai dari Senin (12/08) hingga Sabtu (17/08).

Rektor UPN Veteran Yogyakarta mengungkapkan, PKKBN Tahun 2024 mengusung tema “Menjadi Generasi Unggul dengan Semangat Patriotisme dan Keilmuan untuk Menyongsong Indonesia Emas”.  Sebagai perguruan tinggi yang didirikan atas prakarsa para pejuang kemerdekaan, UPN Veteran Yogyakarta berkomitmen  turut serta mewujudkan misi Indonesia Emas 2045 dengan mencetak generasi unggul yang memiliki semangat patriotisme dan keilmuan.

"Melalui kegiatan ini mahasiswa diberikan bekal agar mampu berproses dan melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi sehingga kelak menjadi lulusan yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak, cinta Tanah Air,  berdaya saing, memiliki kemampuan awal Bela Negara," tutur Rektor.

Sebanyak 5.699 mahasiswa baru turut mengikuti upacara peringatan HUT ke-79 RI. Usai upacara, para mahasiswa baru menampilkan sepuluh mozaik.

Penutupan PKKBN 2024 juga akan diisi dengan UKM Expo yang diikuti oleh 26 unit UKM di UPN Veteran Yogyakarta lintas bidang peminatan. Para mahasiswa baru dapat mengenal kegiatan non-akademik di kampus melalui UKM Expo, sehingga diharapkan mereka bisa menyalurkan minat dan bakatnya. Penutupan PKKBN 2024 juga akan dimeriahkan oleh penampilan dari salah satu band ternama di Indonesia.

PKKBN 2024 yang sudah berlangsung sejak Senin (12/08) tersebut diisi dengan berbagai kegiatan. Mahasiswa baru yang dibagi dalam 100 gugus diperkenalkan dengan Kampus Bela Negara, UKM, organisasi kemahasiswaan, fakultas, dan jurusan masing-masing sehingga mempercepat proses adaptasi mereka di lingkungan kampus.

Selain itu, mahasiswa baru menjalani kegiatan inbound dan outbond pada Kamis (15/08) dan Jumat (16/08). Kegiatan inbound yang diselenggarakan di Kampus UPN Veteran Yogyakarta berisi sejumlah materi, seperti Pengenalan Kampus Bela Negara, Pencegahan Terorisme dan Kekerasan, Mitigasi Bencana di Kampus, dan Pencegahan Kekerasan Seksual.

Sedangkan, kegiatan outbond diselenggarakan di Jupiter Adventure Zone (JAZ) dan Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta. Pada kegiatan outbond ini, mahasiswa baru akan mendapatkan pelatihan Bela Negara, kedisiplinan, dan pembinaan karakter. Dengan demikian, akan lahir generasi baru yang memiliki karakter kebangsaan yang kuat dan nilai-nilai Bela Negara.

Penulis: Ulfa

Editor: Dew