UPN Veteran Yogyakarta Cetak Pionir Pembangunan Berjiwa Patriot Melalui PKKBN 2024

  • Senin 12 Agustus 2024 , 05:34
  • Oleh : Dewi
  • 1677
  • 4 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

INFOUPNYK-Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara (PKKBN) 2024 dalam rangka menyambut mahasiswa baru. Kegiatan tersebut berlangsung mulai dari Senin (12/08) hingga Sabtu (17/08) bertempat di Kampus UPN Veteran Yogyakarta.

Rektor UPN Veteran Yogyakarta, Prof. Dr. Mohamad Irhas Effendi, M.Si., mengatakan, UPN Veteran Yogyakarta merupakan Kampus Bela Negara, sebagaimana amanat dalam Peraturan Presiden Nomor 121 Tahun 2014, sehingga dalam penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi harus memiliki identitas Bela Negara.

Oleh sebab itu, masa orientasi mahasiwa baru di UPN Veteran Yogyakarta disebut sebagai PKKBN karena turut menanamkan dan memperkuat proses internalisasi nilai-nilai Bela Negara, di samping membantu mahasiswa baru beradaptasi dengan lingkungan kampus dan sistem Perguruan Tinggi. Hal ini memang sedikit berbeda dengan panduan nasional, yakni Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

“Kegiatan ini juga diperkuat dengan penguatan rasa cinta terhadap Tanah Air, kepedulian terhadap lingkungan. Kegiatan ini juga untuk menciptakan generasi yang berkarakter, religius, nasionalis, mandiri, bersiap gotong royong, berintegritas, dan siap untuk menjadi kader Bela Negara,“ ujar Rektor UPN Veteran Yogyakarta dalam Sidang Terbuka Senat Penerimaan Mahasiswa Baru 2024 di Gedung Auditorium, Senin (12/08).

Rektor UPN Veteran Yogyakarta mengungkapkan, PKKBN Tahun 2024 mengusung tema “Menjadi Generasi Unggul dengan Semangat Patriotisme dan Keilmuan untuk Menyongsong Indonesia Emas”.

Sebagai perguruan tinggi yang didirikan atas prakarsa para pejuang kemerdekaan, UPN Veteran Yogyakarta berkomitmen  turut serta mewujudkan misi Indonesia Emas 2045 dengan mencetak generasi unggul yang memiliki semangat patriotisme dan keilmuan.

"Melalui kegiatan ini mahasiswa diberikan bekal agar mampu berproses dan melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi sehingga kelak menjadi lulusan yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak, cinta Tanah Air,  berdaya saing, memiliki kemampuan awal Bela Negara," tutur Rektor UPN Veteran Yogyakarta.

Selain itu, Rektor UPN Veteran Yogyakarta berharap agar kegiatan PKKBN 2024 dapat menjadi wahana penanaman lima program gerakan nasional revolusi mental. Meliputi, Indonesia Melayani, Indonesia Bersih, Indonesia Tertib, Indonesia Mandiri, dan Indonesia Bersatu.

PKKBN 2024 diawali dengan Sidang Terbuka Senat yang dihadiri oleh sejumlah tokoh nasional. Meliputi, Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Dr. Ivan Yustiavandana, S.H., LLM, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Diktiristek), Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris, M.Sc, dan Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H.

Dalam sambutannya, Dirjen Diktiristek Prof Abdul Haris mengajak para mahasiswa baru UPN Veteran Yogyakarta mengikuti program Flagship Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM).

Program Flagship MBKM memiliki berbagai macam pilihan program, seperti program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), International Independent Study Mobility (IISMA), Kampus Mengajar, Merdeka, Wirausaha Merdeka, dan Praktisi Mengajar.

Para mahasiswa akan mendapatkan pengalaman dan keterampilan melalui program MBKM. Selain itu, alumni Perguruan Tinggi yang berkegiatan di luar kampus berpotensi lebih cepat mendapatkan pekerjaan dibandingkan alumni Perguruan Tinggi yang tidak ikut MBKM.

“Alumni program MBKM flagship juga diungkapkan memiliki rata-rata gaji yang 73,9% lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata gaji yang tercatat dalam data Sakernas. Bayangkan betapa besar peluang dan manfaat yang bisa kalian dapatkan melalui program ini,” ungkap Prof. Abdul Haris.

Setelah Sidang Terbuka Senat, rangkaian PKKBN 2024 dilanjutkan dengan pengenalan Kampus UPN Veteran Yogyakarta, parade Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan pengenalan Organisasi Kampus (OK). 

Tentang PKKBN 2024

PKKBN 2024 digelar selama sepekan, mulai dari Senin (12/08) hingga Sabtu (17/08)   Para mahasiswa baru dibagi ke dalam 100 gugus yang berbeda dan berisi mahasiswa lintas program studi, serta akan didampingi oleh kakak asuh selama pelaksanaan PKKBN 2024.

Setelah pengenalan kampus, UKM, dan OK pada hari pertama, para mahasiswa baru UPN Veteran Yogayakarta akan mengikuti pengenalan fakultas serta jurusan masing-masing pada Selasa (13/08) dan Rabu (14/08).

Selain itu, mahasiswa baru akan menjalani kegiatan inbound dan outbond pada Kamis (15/08) dan Jumat (16/08). Kegiatan inbound yang diselenggarakan di Kampus UPN Veteran Yogyakarta berisi sejumlah materi, seperti Pengenalan Kampus Bela Negara, Pencegahan Terorisme dan Kekerasan, Mitigasi Bencana di Kampus, dan Pencegahan Kekerasan Seksual.

Sedangkan, kegiatan outbond diselenggarakan di Jupiter Adventure Zone (JAZ) dan Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta. Pada kegiatan outbond ini, mahasiswa baru akan mendapatkan pelatihan Bela Negara, kedisiplinan, dan pembinaan karakter. Dengan demikian, akan lahir generasi baru yang memiliki karakter kebangsaan yang kuat dan nilai-nilai Bela Negara.

Rangkaian kegiatan PKKBN 2024 akan ditutup pada Sabtu (17/08) bertepatan dengan momentum HUT ke-79 Republik Indonesia. Selain Upacara Bendera Peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia, para mahasiswa baru akan menampilkan sejumlah mozaik.

Penutupan PKKBN 2024 juga akan diisi dengan UKM Expo yang diikuti oleh 26 unit UKM di UPN Veteran Yogyakarta lintas bidang peminatan. Para mahasiswa baru dapat mengenal kegiatan non-akademik di kampus melalui UKM Expo, sehingga diharapkan mereka bisa menyalurkan minat dan bakatnya. Penutupan PKKBN 2024 juga akan dimeriahkan oleh penampilan dari salah satu band ternama di Indonesia.

Penulis: Ulfa

Editor: Dewi