Baret Ungu Gathering 2024, Ajang Temu Kangen Alumni Menwa UPN Veteran Yogyakarta dari Generasi Pertama

  • Selasa 17 September 2024 , 12:32
  • Oleh : Dewi
  • 271
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta
Kegiatan Baret Ungu Gathering (BUG) 2024 pada 13-15 September 2024

YOGYAKARTA – Resimen Mahasiswa (Menwa) merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa berciri Bela Negara di UPN Veteran Yogyakarta. Sebagai salah satu bentuk eksistensi Menwa Batalyon 4 UPN Veteran Yogyakarta, maka digelar Baret Ungu Gathering 2024 pada Jumat-Minggu, 13-15 September 2024.

 

Baret Ungu Gathering 2024 merupakan ajang silaturahmi dan temu kangen alumni Menwa UPN Veteran Yogyakarta sejak generasi pertama yang tergabung dalam Paguyuban Babarsari Satu (PBS), anggota Menwa aktif, dan sejumlah sivitas akademika. Ajang empat tahunan tersebut, dihadiri sekitar 200 orang tamu undangan.

Rektor UPN Veteran Yogyakarta, Prof. Dr. Mohamad Irhas Efendi, M.Si, mengaku bangga dan menyambut baik kegiatan Baret Ungu Gathering 2024 tersebut. Rektor mengatakan, UPN Veteran Yogyakarta sebagai perguruan tinggi yang ditetapkan melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 121 Tahun 2014, memiliki identitas Bela Negara serta memiliki ikatan erat dengan Menwa.

“Dengan demikian, UPN Veteran Yogyakarta juga berkewajiban untuk mempertahankan dan meningkatkan eksistensi Menwa, dimana Menwa merupakan salah satu representasi Kampus Bela Negara,” ujar Rektor UPN Veteran Yogyakarta, dalam Apel Baret Ungu Gathering 2024, Sabtu (14/9).

 

Dalam kesempatan itu, Rektor UPN Veteran Yogyakarta juga mendorong agar para alumni Menwa untuk berperan aktif dalam mempertahankan dan meningkatkan eksistensi Menwa, khususnya di Batalyon 4 UPN Veteran Yogyakarta. Sebagaimana fenomena yang dijumpai belakangan ini, yakni dinamika mengaktifkan kembali organisasi Menwa di kampus-kampus.

“Para alumni Menwa turun ke kampusnya untuk membantu adik-adik mahasiswa supaya Menwa berkiprah kembali,” imbuh Rektor UPN Veteran Yogyakarta.

Meskipun di tengah kesibukan aktivitas kuliah, lanjut Rektor, minat mahasiswa untuk menjadi anggota Menwa meningkat. Sejalan dengan itu, peran aktif Menwa pada kegiatan kemahasiswaan di kampus juga bertumbuh positif.

“Inilah sesuatu hal positif yang dapat dilihat bahwa alumni Menwa terdahulu tetap memiliki idealisme yang tinggi agar Menwa tetap eksis. Mereka terdidik secara akademis, terlatih secara militer, dan teruji secara mental dan ideologi,” kata Rektor UPN Veteran Yogyakarta.

Dalam kesempatan itu, Rektor juga memberikan semangat agar para anggota Menwa aktif tetap bersemangat dengan tetap mengutamakan kegiatan akademis, di samping aktif berorganisasi di Menwa dengan berlandaskan Panca Dharma Satya Resimen Mahasiswa Indonesia. Selain itu, dengan tetap bertekad mewujudkan cita-cita Bangsa Indonesia yang dilandasi doktrin pengabdian “Widya Castrena Dharma Sida” (Penyempurnaan Pengabdian dengan Ilmu Pengetahun dan Keprajuritan) dan “Prajna Vira Dharma Cevana” (Memenuhi Kewajiban Sebagai Pejuang dan Pemikir).

Bertempat di Kampus UPN Veteran Yogyakarta Condongcatur, rangkaian Baret Ungu Gathering 2024 dimulai dengan acara penyambutan pada Jumat (13/9) malam. Keesokan harinya, digelar Musyawarah Nasional (Munas) Paguyuban Babarsari Satu, dengan agenda memilih Ketua Umum Paguyuban Babarsari Satu periode 2024-2028, yakni Adji Waskito yang merupakan alumni Menwa 1987.

Dijumpai dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Paguyuban Babarsari Satu Periode 2024-2028, Adji Waskito, mengatakan, Baret Ungu Gathering 2024 menjadi momentum untuk menegaskan komitmen Paguyuban Babarsari Satu dalam memberikan kontribusi positif pada Menwa Batalyon 4 UPN Veteran Yogyakarta.

“Paguyuban Babarsari Satu berkomitmen untuk memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap Menwa UPN Veteran Yogyakarta baik yang aktif maupun alumni,” tuturnya.

Kegiatan Munas dilanjutkan dengan Apel Akbar Baret Ungu Gathering 2024 pada sore hari. Apel akbar ini, dimeriahkan dengan penampilan Marching Band UPN Veteran Yogyakarta dan flashmob dari para alumni Menwa yang tergabung dalam Paguyuban Babarsari Satu.

Masih di hari yang sama, acara dilanjutkan dengan silaturahmi pada malam harinya. Sementara pada Minggu (15/9), Baret Ungu Gathering 2024 dilanjutkan dengan gathering yang dimeriahkan dengan kegiatan jalan sehat keliling UPN Veteran Yogyakarta, aerobic, sarapan bersama, fun games, dan pembagian hadiah.

Penulis Ulfa.