4 Tim Mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta Lolos ke Ajang Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia

  • Selasa 17 September 2024 , 10:29
  • Oleh : Dewi
  • 220
  • 4 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta
4 Tim Mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta Melaju ke Ajang KMI XV 2024

INFOUPNYK – Sebanyak empat tim mahasiswa dari UPN Veteran Yogyakarta berhasil melaju ke ajang Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI Expo) XV 2024, setelah sebelumnya mendapatkan pendanaan dalam Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW). Nantinya, para wirausahawan muda KMI Award akan diselenggarakan pada tanggal 23-25 Oktober 2024 di Universitas Halu Oleo (UHO), Kendari, Sulawesi Tenggara.

Tim pertama, diketuai oleh Dyah Ajeng Kusumaningrum, dengan inovasi usaha “Goresan Nusantara: Representasi Budaya Daerah Indonesia Ramah Lingkungan dalam Setiap Goresan Perjalanan”. Goresan Nusantara merupakan kategori industri kreatif, seni, dan budaya yang menghadirkan produk journaling kit, mengusung tema budaya dari seluruh Indonesia dengan desain modern yang ramah lingkungan.

Tim kedua, diketuai oleh Muhammad Grisvian Adi Wijaya, dengan kelompok usaha “STUDENTIC: Produk Fesyen Fungsional Trendi dan Ramah Lingkungan Untuk Pelajar”. Studentic adalah usaha kategori jasa, pariwisata, dan perdagangan dengan tahapan usaha bertumbuh. Studentic merupakan singkatan dari kata Student Authentic menggambarkan citra brand yang identik dengan pelajar, sebuah brand fesyen fungsional yang mengusung produk tas ramah lingkungan berbahan daur ulang plastik

Tim ketiga, diketuai oleh Raihan Khalifah Rahman, dengan kelompok usaha “Rubi: Wedang Ronde Ubi Instan yang Menghadirkan Kelezatan Tradisional dengan Sentuhan Modern”. Rubi merupakan usaha kategori makanan dan minuman, dengan tahapan usaha awal. Rubi adalah inovasi minuman tradisional wedang ronde yang dipadukan dengan ubi dan disajikan dalam kemasan instan, dirancang untuk memberikan kemudahan dan kepraktisan.

Tim terakhir, diketuai oleh Ivo Yasinta Putri, mempersembahkan usaha “AMANDIPA: Lilin Aromaterapi Berkarakter Botani Terintegrasi Smart Packaging Edukasi”. Amandipa merupakan usaha kategori manufaktur dan teknologi terapan yang memproduksi lilin aromaterapi berbahan minyak jelantah, dilengkapi dengan smart packaging edukatif

Keempat tim tersebut melakukan sejumlah persiapan untuk menghadapi KMI Expo, salah satunya tim Amandipa. Dalam wawancaranya, Ivo menyampaikan, bahwa dia dan tim sedang fokus pada peningkatan keterampilan presentasi, termasuk cara menjelaskan produk, menjawab pertanyaan, dan berinteraksi secara profesional.

“Tim Amandipa juga menyiapkan produk dan varian terbaru dengan kualitas terbaik yang akan diluncurkan secara eksklusif di KMI Expo. Amandipa berharap bisa membawa nama baik UPN Veteran Yogyakarta dan memperluas relasi bisnis ke seluruh Indonesia,” ujar Ivo.

Dihubungi terpisah, Ajeng yang merupakan Ketua Tim Goresan Nusantara menuturkan bahwa dia dan tim melahirkan ide kreatif usaha yang tidak hanya berorintasi profit tetapi juga pengembangan diri.

“Produk Goresan Nusantara ini, bukan hanya sebagai buku jurnal saja namun dengan ada berbagai kolom pengembangan diri tentu menjadi sarana konsumen untuk mengekspresikan diri, manajemen waktu, meningkatkan komunikasi, kepenulisan, dan tentu juga meminimalisir tingkat stress,” tutur Ajeng.

Ajeng berharap, produk Goresan Nusantara ini dapat berkembang dan dapat menambah edukasi masyarakat terkait budaya serta menjadi wadah relaksasi dan refleksi diri dengan kebermanfaatannya.

Dosen pendamping sekaligus mentor, Hafidh Rifky Adiyatna, S.Si., M.B.A., mengaku bangga dan bersyukur atas pencapaian tersebut. Dalam persiapan menuju KMI Expo, Hafidh menekankan kepada tim tentang pentingnya penguatan fundamental bisnis sebelum melangkah ke tahap lebih lanjut.

“Karena keempat tim didanai KMI untuk memulai bisnis, produk dan bisnis mereka harus siap secara matang agar layak dibawa ke KMI Expo. Aspek proyeksi masa depan bisnis juga penting, baik jangka pendek maupun jangka panjang, sehingga tim menjadi lebih solid,” jelas Hafidh.

Hafidh berharap keempat tim dapat memanfaatkan kesempatan di KMI Expo sehingga bisa membawa pulang predikat kejuaraan agar nama UPN Veteran Yogyakarta bisa bersinar seperti tahun lalu.

“Lakukan yang terbaik semoga bisa menang. Walaupun belum menang bisa menjadi experience untuk bisa dijadikan bekal kedepannya,” imbuh Hafidh.

Hafidh juga memberikan pesan motivasi kepada sivitas akademika untuk lebih aktif mengikuti berbagai kompetisi. Sebab, memanfaatkan peluang untuk mengikuti berbagai kompetisi saat masih berstatus mahasiswa merupakan sebuah privilege yang berharga.

Berikut nama tim UPN Veteran Yogyakarta yang berhasil lolos ke KMI Expo :

Tim Goresan Nusantara

Dosen Pembimbing : Heni Handri Utami S.P, MM.

Mentor : Hafidh Rifky Adiyatna, S.Si., M.B.A.

  1. Dyah Ajeng Kusumaningrum (Agroteknologi 2021)
  2. Salma Widya Rini (Agroteknologi 2021)
  3. Alya Thalita Larasati (Teknik Lingkungan 2021)

Tim Studentic

Dosen Pembimbing : Hafidh Rifky Adiyatna, S.Si., M.B.A.

Mentor : Yuliawati, S.E. M.E.

  1. Muhammad Grisvian Adi Wijaya (Manajemen 2022)
  2. Muhammad Fadil (Manajemen 2022)
  3. Rizky Ramadhan Arrifai (Manajemen 2022)
  4. Nabilah Dwiputri Azahra (Akuntansi 2022)

Tim Rubi

Dosen Pembimbing : Maftuh Kafiya, S. TP., M.si

Mentor : Heni Handri Utami, S.P., M.M.

  1. Raihan Khalifah Rahman (Agribisnis 2021)
  2. Steven Colbert L. (Agribisnis 2021)
  3. Arfin Setyaningsih (Agribisnis 2021)
  4. Putri Indah Ariyani (Agribisnis 2021)
  5. Rafina Ayu Amanda Putri (Agribisnis 2021)

Tim Amandipa

Dosen Pembimbing : Heni Handri Utami S.P, MM.

Mentor : Siti Khusnul Rifani SE, M.S.M

  1. Ivo Yasinta Putri (Agroteknologi 2021)
  2. Dyahasti Arethia (Agroteknologi 2021)
  3. Fanny Fadhila (Agroteknologi 2021)
  4. Pratiwi Meiviani Mulyana (Agroteknologi 2021)
  5. Naddzwa Septiyanur Azizah (Akuntansi 2022)

Penulis: Listi Rohmah