Atlet UPNYK Wakili Provinsi DIY pada POMNAS XVIII Kalimantan Selatan

  • Jumat 10 November 2023 , 04:28
  • Oleh : Dewi
  • 425
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

INFOUPNYK - Empat orang mahasiswa kontingen dari Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" yogyakarta (UPNYK) ikutserta pada gelaran Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVIII di Kalimantan Selatan dari tanggal 10 sampai dengan 22 November 2023. Bertempat di Gedung Rektorat Kampus 1 UPNYK, acara pelepasan para kontingen ini dihadiri langsung oleh Rektor UPNYK, Prof. Mohammad Irhas Effendi (7/11/2023).

Keempat mahasiswa itu antara lain adalah sebagai berikut adalah Ivan dari Prodi Manajemen angkatan 2020 (Kempo Randori Putra 65-70kg) Alang Amanda Puspa dari Jurusan Agribisnis angkatan 2018 (Bridge beregu putri, pasangan putri, dan pasangan campur), Gerardus Hanandika Dishatama dari Jurusan Agribisnis angkatan 2022 (Bridge pasangan campur), dan Yohannes Bayu dari prodi Manajemen angkatan 2021 (Badminton ganda putra). Empat orang mahasiswa ini akan menjadi kontingen dari UPNYK yang mewakili Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di ajang POMNAS XVIII Kalimantan Selatan.

Yohannes Bayu adalah salah satu atlet yang kembali mewakili Provinsi DIY di POMNAS XVIII pada tahun ini. Bayu berlaga di nomor ganda putra pada cabor Badminton setelah di tahun sebelumnya berhasil meraih perak pada ajang yang sama. Ia mengatakan pada tahun ini dirinya bisa memperoleh hasil yang maksimal mengingat persiapannya yang dilakukannya sudah sangat optimal.

"Secara persiapan sudah 95% mungkin karena program latihan memang rutin, 5% sisanya tinggal bagaimana menjaga pola makan dan istirahat. Jadi untuk target sendiri semoga bisa membawa pulang emas dari Banjarmasin ke Jogja, buat kampus kita juga," ucap Bayu saat diwawancarai (7/11/2023).

Berbeda dengan kontingen lainnya, cabang olahraga Bridge kali pertama dipertandingkan pada ajang POMNAS XVIII. Alang Amanda Puspa yang kerap disapa Alang menjadi salah satu Atlet dari UPNYK yang akan bertanding pada cabor ini. Ia mengatakan secara persiapan mereka merasa sudah dilakukan dengan optimal, lantaran program latihanya sudah dimulai sejak awal September sampai mendekati keberangkatannya.

"Persiapannya sudah dimulai dari awal Bulan September. Kebetulan dari olahraga Bridge sendiri ada platform yang memungkinkan kami untuk berlatih secara daring jadi tiap seminggu dua kali dilakukan latihan secara daring dan tatap muka dilakukan seminggu sekali," tutur Alang yang merupakan mahasiswa Jurusan Agribisnis.

Ia juga berharap agar bisa meraih hasil yang terbaik, sebab tidak hanya hasil latihan yang memberi andil besar untuk meraih kemenangan tetapi faktor keberuntungan di lapangan juga berpengaruh.

"Kami berharap yang terbaik untuk hasilnya di POMNAS XVII nanti. Olahraga Bridge ini sedikit unik karena faktor keberuntungan di lapangan juga punya andil untuk mencapai kemenangan, jadi semoga dapat meraih kemenangan," ucapnya

Harapan yang sama juga disampaikan oleh Ivan yang akan bertanding pada cabor Kempo di nomor Randori Putra 65-70kg POMNAS XVIII. Menurutnya support dari pihak universitas juga sangat penting dalam keberlangsungan dan kaderisasi atlet yang ada di UPNYK.

"Sangat bersyukur karena tepat hari Senin kemarin sudah ada beberapa support dari kampus berupa Extra Fooding dan baju pertandingan. Harapannya untuk kedepannya khususnya dari Binwa tetap mensupport para atlet ini dari kejuaraan yang paling bawah hingga taraf nasional," kata mahasiswa yang juga aktif di UKM Kempo UPNYK.

Pada kesempatan yang sama, Prijoto yang merupakan Pendamping sekaligus Dosen Mata Kuliah Olahraga di UPNYK itu menyampaikan tiap-tiap atlet ini telah memiliki program latihannya masing-masing yang telah terfokus pada cabang olahraganya.

"Masing-masing ini sudah punya program latihan sendiri, apalagi ada yang sedang ikut pelatihan pra-PON jadi persiapannya sudah lebih fokus," pungkasnya.

Selain menjadi pin plus bagi para kontingen, perolehan medali pada ajang POMNAS XVIII ini akan sangat menunjang poin Indeks Kinerja Utama (IKU) bagi Universitas oleh karenanya pendampingan bagi para mahasiswa yang ikutserta akan sangat mendukung capaian tersebut.(dimas)