Prodi Akuntansi Program Sarjana FEB UPNYK Raih Akreditasi Internasional dari Association of Chartered Certified Accountants (ACCA) United Kingdom.

  • Kamis 09 November 2023 , 02:26
  • Oleh : Dewi
  • 1543
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

INFOUPNYK - Program Studi Akuntansi Program Sarjana FEB, UPN "Veteran" Yogyakarta baru saja meraih sertifikat akreditasi internasional melalui "ACCA Accredited Programme" yang diselenggarakan oleh Association of Chartered Certified Accountants (ACCA) United Kingdom.

ACCA merupakan organisasi yang diakui secara global dalam bidang akuntansi dan keuangan, telah memberikan penghargaan ini setelah melakukan evaluasi ketat terhadap kurikulum dan kualitas pengajaran, di Program Studi Akuntansi Program Sarjana FEB UPNYK.

Sertifikat akreditasi ini menegaskan komitmen UPNYK dalam memberikan pendidikan akuntansi berkualitas dan mempersiapkan mahasiswa untuk berkarier dalam dunia akuntansi yang berstandar internasional.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPNYK, Dr. Sujatmiko, MSi. menyampaikan apresiasinya. Ia berpendapat capaian yang diraih Prodi Akuntansi UPNYK merupakan hasil kerja keras seluruh civitas akademika. Akreditasi Internasional merupakan wujud nyata dari komitmen civitas akademika untuk menghadirkan kualitas pendidikan yang lebih baik.

"Dengan memperoleh sertifikasi akreditasi dari ACCA, Program Studi Akuntansi UPNYK semakin memperkuat posisinya sebagai salah satu program studi akuntansi terkemuka di Indonesia. UPNYK berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan kontribusi positif dalam pengembangan bidang akuntansi di dalam dan luar negeri," ujar Dekan FEB UPNYK tersebut.

Dr. Zuhrohtun, S.E.,M.Si., Ak, CA. selaku ketua Jurusan Akuntansi FEB UPNYK mengungkapkan rasa syukurnya atas pencapaian ini. Ia menyampaikan bahwa akreditasi dari ACCAini akan memberikan kepercayaan lebih kepada mahasiswa dan calon mahasiswa bahwa Program Studi Akuntansi Program Sarjana FEB UPNYK memberikan pendidikan akuntansi yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan dunia kerja di level global. “Dengan ACCA Accredited Programme, mahasiswa Program Studi Akuntansi UPNYK akan mendapatkan kesempatan mengikuti program ACCA Diploma in Accounting and Business dan program Double Degree dengan beberapa kampus afiliasi ACCA di Luar Negeri seperti Oxford Brookes University UK dan lainnya, hanya dengan mengikuti kuliah &ujian untuk beberapa mata kuliah saja, serta  memiliki peluang untuk mengambil sertifikasi professional lain dari ACCA yang terekognisi secara internasional”.

Diharapkan dengan akreditasi internasional ini, alumni Program Studi Akuntansi UPNYK akan lebih diakui kompetensinya di dunia industri dan profesional akuntansi. Selain itu, perolehan akreditasi ini juga diharapkan dapat membuka peluang kerjasama antara Program Studi Akuntansi UPNYK dengan institusi akademik maupun industri di level internasional.

Terpisah, Sekretaris Jurusan Akuntansi Sucahyo Heriningsih, SE, M,Si., Ak., CA   menyatakan, "Kami sangat bangga dan senang menerima sertifikat akreditasi ini. Ini adalah bukti bahwa kami terus berkomitmen untuk memberikan pendidikan terbaik kepada mahasiswa kami dan mempersiapkan mereka untuk sukses dalam karier akuntansi di tingkat global. Kami akan terus memperbarui kurikulum dan mengintegrasikan standar internasional ACCA dalam proses pembelajaran  untuk memastikan mahasiswa mereka mendapatkan pengalaman belajar yang optimal”.

Dra. Ec. Sri Luna M., M.Si., selaku Koordinator Program Studi Akuntansi UPNYK menyampaikan bahwa melalui capaian sertifikat akreditasi internasional ini, Program Studi Akuntansi UPNYK memperkuat reputasinya sebagai salah satu program akuntansi terkemuka di Indonesia yang mencetak para profesional akuntansi berkualitas.