HIMAKOM ILMU KOMUNIKASI FISIP UPNVY BERBAGI DI TENGAH PANDEMI COVID-19

  • Rabu 06 Mei 2020 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1608
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman- Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi (HIMAKOM)  Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) menggalang bantuan bagi masyarakat yang terdampak langsung pandemic Covid-19. Kegiatan ini dimulai sejak tanggal 21 hingga 27 April 2020 dan terdapat hari puncak pada tanggal 6 Mei 2020.

Ariesca Paskatia selaku Kepala Bidang Eksternal Internal HIMAKOM menjelaskan melihat penyebaran Covid-19 di Yogyakarta, menggerakkan aksi Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi (HIMAKOM) untuk menyalurkan bantuan bagi masyarakat yang terdampak langsung pandemi Covid-19 karena tidak bisa melaksanakan kerja dari rumah. Acara bertajuk “Komunikasi Berbagi” ini membagikan bantuan berupa nasi bungkus, air mineral, dan masker langsung kepada mereka yang membutuhkan, diantaranya ojek online, tukang parkir, tukang becak, dan lain-lain. Kegiatan Komunikasi Berbagi tersebar di tiga titik wilayah yakni, Jalan Laksda Adisutjipto, Jalan C. Simanjuntak, dan Jalan Kusumanegara. Kegiatan berlangsung pada sore hari saat menjelang buka puasa. Pembagian bantuan langsung dilakukan oleh mahasiswa dan alumni ilmu komunikasi juga turut serta Kelompok Studi Mahasiswa (KSM) seperti Avikom, Fotkom, dan CrastFM.

Ariesca Paskatia menambahkan dalam kegiatan tersebut total terdapat 547 bungkus nasi, 155 botol air mineral, dan 220 buah masker yang dibagikan oleh mahasiswa dan alumni Ilmu Komunikasi UPNVY, juga terdapat uang sejumlah Rp50.000 yang diinfakkan. Sebelumnya Himakom menerima donasi berupa nasi bungkus dan uang tunai dari dosen dan pengurus.

“Awalnya program kerja yang dirancang oleh HIMAKOM merupakan buka bareng komunikasi (BUBAKOM) yang bertujuan untuk lebih mengakrabkan antara mahasiswa, KSM, dan alumni. Tetapi mengingat kondisi saat ini yang melarang pelaksanaan berbagai kegiatan di kampus maka program kerja dialihkan ke Komunikasi Berbagi tanpa menghilangkan esensinya,” terang Kepala Bidang Eksternal Internal HIMAKOM.

Kepala Bidang Eksternal Internal HIMAKOM  berharap teman-teman yang biasanya ikut BUBAKOM bisa tetap merasakan dengan cara berbagi kepada teman-teman yang membutuhkan.