MAHASISWA UPNVY KIRIMKAN 167 PROPOSAL PKM

  • Kamis 16 Juli 2020 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1421
  • 2 Menit membaca

Sleman- Sebanyak 167 proposal yang dikirim mahasiswa  UPN  “Veteran”  Yogyakarta  pada  Program Kreativitas  Mahasiswa  (PKM) 2020 Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal  Pendidikan  Tinggi dan  Kementrian Pendidikan  dan  Kebudayaan (Kemdikbud).

Dr. Oliver C. Simanjuntak, M.Kom selaku pembimbing mahasiswa PKM menyatakan bahwa Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah melaksanakan Sosialisasi Adendum Panduan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2020 via aplikasi Zoom dan juga disiarkan melalui akun Youtube Kemahasiswaan Dikti yang diikuti perwakilan seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Sosialisasi tersebut dilakukan dalam 2 tahap, yaitu pada tanggal 10 dan 11 Juli 2020.

Oliver menambahkan dalam sosialisasi tersebut dijabarkan mengenai tranformasi pelaksanaan kegiatan PKM 2020 yang dilakukan secara daring serta pemaparan data usulan PKM di tahun 2020 dengan jumlah judul usulan sebanyak 75.191 dan judul unggah sebanyak 65.789 secara nasional. Sedangkan untuk UPN “Veteran” Yogyakarta telah mengirimkan usulan sebanyak 167 usulan proposal, angka tersebut mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya yang hanya mengirimkan proposal sebanyak kurang lebih 140 proposal. Menindaklanjuti Sosialisasi Adendum PKM 2020 tersebut, pihak PKM Centre UPN “Yogyakarta” telah menyusun beberapa rencana.

“Terkait adendum tersebut, untuk saat ini baru membagikan PPT dari pihak Belmawa, rencana kedepan sekitar tanggal 25 atau 26 Juli akan diadakan sosialisasi bagi mahasiswa secara daring melakui platform meeting online agar informasi tersebut lebih jelas lagi, untuk kedepannya setelah pengumuman pendanaan tanggal 1 Agustus akan diadakan bimbingan teknis perihal pelaksanaan PKM yang dilakukan pada tanggal 10 Agustus hingga 30 September hingga menuju Pimnas ke-33 yang dilaksanakan 24 Oktober mendatang,” jelas Oliver.

 Selain menindaklanjuti perihal pelaksanaan PKM 2020 yang dilaksanakan secara daring, PKM Centre UPNVYK sudah siap dalam menyongsong pelaksanaan PKM 2021 tahun depan, “Terlepas dari kelanjutan PKM 2020, PKM Centre juga sudah mendesain sekiranya mengenai PKM 2021, jadi nanti antara pelaksanaan PKM hingga ajang Pimnas tahun 2020, kita sudah siap untuk rangkaian sosialisasi PKM 2021,” jelasnya.

 Aan Munandar selaku mahasiswa saat menang Pimnas-32  menyatakan perubahan sistem pada PKM yang sebelumnya luring menjadi daring menurut saya tidak masalah, justru dengan adanya perbedaan ini mahasiswa yang mengikuti PKM dan lolos pendanaan memiliki kesempatan besar untuk lebih kreatif lagi dalam berinovasi, diharapkan inovasi dari mahasiswa kedepannya dapat berguna untuk perbaikan tatanan kehidupan setelah pandemic.