SOSIALISASI PKM 2020 DILAKSANAKAN SECARA DARING

  • Rabu 15 Juli 2020 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 2006
  • 2 Menit membaca

Sleman –Program Kreativitas  Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu ajang bergengsi bagi mahasiswa di seluruh Indonesia. Program kegiatan ini  diselenggarakan  oleh  Dirjen Pendidikan Tinggi    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Karena kondisi pandemi  Covid-19  yang  masih  merebak  di dunia khususnya  di Indonesia, mengakibatkan sosialisasi PKM 2020 dilaksanakan  secara daring/online.

Oliver C. Simanjuntak, M.Kom selaku pembimbing mahasiswa PKM UPN “Veteran” Yogyakarta menyatakan salah satu program kegiatan mahasiswa skala nasional yang mengalami dampak dari pandemi Covid-19 yaitu Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang merupakan salah satu ajang bergengsi bagi mahasiswa di seluruh Indonesia. Kegiatan mahasiswa yang berhasil lolos pendaanaan PKM yang pada umumnya dilakukan pada awal semester genap atau awal tahun, untuk tahun ini tidak dapat dilakukan seperti biasanya.

Oliver menambahkan sosialisasi Adendum Panduan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2020 akan dilakukan via aplikasi Zoom dan juga disiarkan melalui akun Youtube Kemahasiswaan Dikti yang diikuti perwakilan seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Sosialisasi tersebut dilakukan dalam 2 tahap, yaitu pada tanggal 10 dan 11 Juli 2020.

Oliver menambahkan kegiatan sosialasi diawali dengan pembahasan pembinaan mahasiswa di bidang PKM, hal-hal dasar yang berkaitan dengan PKM, meliputi jenis-jenis, tujuan, dan buku pedoman PKM. Pelaksanaan PKM 5 bidang akan tetap dijalankan dengan melakukan penyesuian dan revisi dari buku panduan PKM 2020. Jadi akan tetap dilaksanakan dengan tetap menerapkan physical distancing, seperti tidak lagi melakukannya di laboratorium ataupun lapangan, namun dilakukan di rumah.

Ia menyampaikan karakteristik PKM 5 Bidang 2020 itu pastinya output kegiatan berbentuk fisik, namun karena seluruh kegiatan terkendala akibat Covid-19, sehingga sebagian besar kegiatan akademik akan dilakukan secara daring. Jadi dalam tranformasi digital akan diusahakan juga output kegiatan diubah menjadi produk digital”

Agenda pelaksanaan PKM 2020 diawali dengan persiapan dan penyusunan Adendum  pada tanggal 16-30 Juni 2020 yang dilanjutkan dengan seleksi dan penilaian Proposal PKM 5 Bidang pada tanggal 15-30 Juli 2020. Pengumuman PKM 5 Bidang didanai pada tanggal 1 Agustus 2020 dan pelaksanaan PKM 5 bidang didanai hanya berlangsung sekitar 2 bulan, yaitu dalam jangka waktu 10 Agustus hingga 30 September 2020. Kegiatan PKM 2020 merupakan kegiatan mahasiswa yang penting, sehingga perlu dilakukan penyesuaian dalam pelaksanaannya. “Bahwa dirasa penting kiranya memperhatikan dan mengapresiasi usaha dan semangat perguruan tinggi se-Indonesia dalam mengajukan proposal PKM pendanaan 2020, sehingga dengan adanya pandemi Covid-19 menjadinya perlu penyesuaian semua program kemahasiswaan nasional,” tambah Oliver.

.